Santai

Waspada Sinar UV Berbahaya Hari Ini (26/1), Hindari Keluar di Siang Hari!

Waspada Sinar UV Berbahaya Hari Ini (26/1), Hindari Keluar di Siang Hari!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Jumat, 26 Januari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Presiden dan Menteri Boleh Menyatakan Keberpihakan, Bagaimana Aturannya?

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di waktu yang berbeda di setiap daerah. Adapun di Papua, sinar UV berbahaya ekstrem mulai dirasakan pukul 11.00 WIT hari ini. Kondisi akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIT. 

Sedangkan di Maluku, bahaya ekstrem sinar UV dirasakan mulai pukul 12.00 WIT. Bersamaan dengan si wilayah Sulawesi yang akan merasakan sinar UV berbahaya ektrem pada pukul 11.00 WITA. Kondisi ini akan berlangsung selama dua jam hingga pukul 13.00 WITA atau 14.00 WIT. 


Di Kalimantan, indeks sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan pada pukul 11.00 hingga 12.00 WIB. Adapun di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara kadar bahaya sinar UV hanya mencapai level sangat tinggi yang dirasakan mulai pukul 09.00 WIB atau 10.00 WITA hingga 11.00 WIB atau 12.00 WITA. 

Sumatera mulai alami indeks sinar UV berbahaya tinggi pada pukul 10.00 - 14.00 WIB.Kondisi mulai pulih pada pukul 15.00 WIB. Sinar UV di Sumatera tak capai level bahaya sangat tinggi hingga ekstrem. 
Baca Juga: Ini 10 Negara dengan Paspor Terkuat, Bisa Kunjungi Hingga 190 Negara Tanpa Visa!

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Investor Asing Masih Melepas Sebagian Saham GOTO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News