Bugar

Wajib Tahu, Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Kambuh

Wajib Tahu, Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Kambuh

MOMSMONEY.ID - Inilah langkah pertolongan pertama saat asam lambung kambuh yang penting untuk Anda ketahui.

Asam lambung yang kambuh dapat menjadi sangat tidak nyaman dan terkadang menyakitkan, sehingga penting untuk mengetahui cara menanganinya secara efektif. Asam lambung merupakan kondisi di mana asam dari lambung mengalir kembali ke esofagus.

Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada (heartburn), rasa pahit di mulut, dan gejala lainnya. Menangani gejala asam lambung dengan cepat dan tepat dapat membantu mencegah komplikasi lebih lanjut.

Menyadur dari EMC Health Care, di bawah ini adalah beberapa langkah pertolongan pertama saat asam lambung kambuh yang wajib Anda ketahui:

1. Melonggarkan Pakaian

Dianjurkan bagi Anda yang mengalami asam lambung kambuh untuk mengendurkan atau melepaskan pakaian yang ketat seperti ikat pinggang atau kancing celana. Pakaian yang ketat bisa meningkatkan tekanan pada area perut, yang pada gilirannya dapat memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga: Ramadan Telah Tiba, Ini Tips Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

2. Meningkatkan Posisi Kepala Saat Berbaring

Bagi Anda yang merasakan gejala asam lambung meningkat di malam hari atau saat hendak tidur, disarankan untuk tidur dengan kepala di posisi yang lebih tinggi. Mengatur posisi tidur agar kepala dan bahu lebih tinggi, membentuk sudut sekitar 30-45 derajat, bisa membantu meringankan gejala refluks asam.

3. Berubah ke Posisi Duduk

Apabila meningkatkan posisi kepala belum juga meredakan gejala, segera beralih ke posisi duduk. Posisi duduk tegak dapat mengurangi tekanan pada katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan, yang bisa menghentikan aliran asam lambung yang naik.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung, Ada Makanan Pedas

4. Mengonsumsi Minuman Jahe

Minuman yang mengandung jahe bisa menjadi solusi pertolongan pertama ketika asam lambung meningkat. Jahe dikenal dengan khasiatnya yang dapat meredakan iritasi pada saluran pencernaan dan mencegah naiknya asam lambung. Ini berkat zat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya yang juga efektif meredakan mual.

5. Menggunakan Madu

Madu merupakan bahan alami yang efektif dalam meringankan gejala asam lambung karena dapat melindungi dinding kerongkongan dari iritasi dan mengurangi peradangan. Madu bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dalam air hangat sebagai bagian dari penanganan awal.

Baca Juga: Begini Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Obati Asam Lambung

6. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet ketika asam lambung naik dapat meredakan ketidaknyamanan. Gerakan mengunyah meningkatkan produksi air liur yang membantu menelan lebih sering. Langkah ini dapat mengencerkan dan membersihkan asam lambung yang berada di kerongkongan dan meredakan gejala.

Itulah beberapa pertolongan pertama saat asam lambung kambuh. Menerapkan langkah-langkah ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Namun, jika gejala berlanjut atau menjadi serius, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News