Keluarga

Wajib Jaga Sikap, Deretan Perilaku Buruk Ini Dapat Ditiru Anak dari Orang Tuanya

Wajib Jaga Sikap, Deretan Perilaku Buruk Ini Dapat Ditiru Anak dari Orang Tuanya

MOMSMONEY.ID - Kebiasaan buruk orang tua bisa ditiru anak sedari mereka kecil, lho!

Deretan perilaku buruk ini tentunya terjadi karena anak dapat mengamati dan meniru apa yang sering dilakukan orang tuanya.

Maka apabila Anda atau pasangan memiliki deretan kebiasaan buruk berikut ini, baiknya sembunyikan kebiasaan tersebut di depan anak.

Lantas, apa sajakah kebiasaan buruk tersebut? Mari intip berikut ini.

Baca Juga: 4 Tips Mengasuh Anak Bersama Mantan Pasangan Setelah Bercerai, Utamakan Komunikasi!

Memaki

Melansir Fakaza News, salah satu kebiasaan buruk yang banyak ditiru anak dari orang tuanya adalah mengumpat atau memaki.

kebiasaan buruk yang ditiru anak dari orang tua

Kata-kata makian yang keluar dari mulut orang tua secara spontan bisa sangat mudah diikuti. Itulah sebabnya jika orang tua sedang bersama anak, ada baiknya untuk menahan seluruh kata-kata yang berpotensi diikuti anak.

Akan lebih baik jika orang tua mulai belajar berkata-kata baik agar ketika berbicara spontan, perkataan yang keluar adalah kata-kata yang baik, bukan makian.

KDRT

Berhati-hatilah jika memiliki pasangan yang suka KDRT. Sebab kebiasaan buruk ini cenderung ditiru anak dari orang tua.

Baca Juga: Pasutri Harus Sadar, Ini Bentuk-Bentuk KDRT yang Jarang Disadari

Melansir Parent Circle, kebiasaan menyakiti secara fisik atau KDRT memberi sinyal pada anak bahwa tak apa-apa untuk memukul seseorang jika ia melakukan kesalahan. Tentu ini merupakan persepsi yang salah.

"Orang tua yang cenderung melakukan agresi dalam interaksi kecil membuat anak menganggap bahwa hal tersebut adalah normal. Anak-anak & remaja yang agresif dapat menggunakan sifat tersebut untuk meningkatkan status." ucap Richard Feloni yang diterbitkan di Business Insider India.

Berbohong

Berbohong adalah kebiasaan buruk. Melansir dari Untumble, kebiasaan buruk ini ternyata dapat ditiru anak, loh!

Meski sebagian orang beranggapan bahwa white lies adalah sebuah kebaikan, namun itu tidak sepenuhnya benar. Ajarkan anak bahwa jujur adalah hal terbaik meski hasilnya pahit.

Baca Juga: 10 Cara Atasi Rasa Malas Belajar beserta Penyebabnya, Orang Tua Wajib Tahu

Malas

Anak Malas

Rasa malas bukan hanya dirasakan diri sendiri, tapi bisa juga ditiru oleh orang-orang di sekitarnya, terutama anak.

Kebiasaan buruk yang satu ini dapat dilakukan anak, terutama balita, karena pada tahun-tahun tersebut mereka terbiasa untuk meniru gerai-gerik dan tingkah laku orang tuanya.

Beberapa kebiasaan malas yan mungkin saja ditiru anak di antaranya seperti malas mandi, malas masak, malas makan, dan aneka kemalasan lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Membantu Anak Remaja Diet, Pastikan Tidak Melewatkan Sarapan

Citra tubuh

Body image atau citra tubuh dapat membentuk kepribadian anak. Apabila orang tua cenderung lebih memperhatikan penampilan daripada kepribadian, maka dapat dipastikan anak akan lebih peduli tentang citra dirinya sendiri.

Maka dari itu, orang tua wajib menerapkan pendidikan karakter pada anak. Tekankan pada mereka bahwa pencapaian & kepribadian adalah hal yang lebih penting daripada sekedar penampilan.

Baca Juga: Banyak Lalat di Rumah? Coba Usir dengan Cara Ini

Kebiasaan jorok

Kebiasaan buruk lainnya yang banyak ditiru anak dari orang tuanya ialah kebiasaan jorok, seperti tidak memperhatikan kebersihan.

Jika orang tua cenderung jorok, malas bersih-bersih, melempar sepatu & baju kotor tanpa menatanya kembali, maka kebiasaan tersebut pasti akan ditiru sang anak.

Itulah deretan kebiasaan buruk yang banyak ditiru anak dari orang tua. Hindarkan anak dari hal-hal di atas, ya Moms!

Selanjutnya: Melihat Ketimpangan Tajam Antara Pajak Karyawan dan Orang Kaya di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News