Keluarga

Wajib Diterapkan Orang Tua, Ikuti Cara Kurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Wajib Diterapkan Orang Tua, Ikuti Cara Kurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

MOMSMONEY.ID - Kecanduan gadget pada anak-anak tak bisa diatasi secara langsung. Perlu tahapan demi tahapan agar anak bisa benar-benar lepas dari gadget tanpa perlu memberontak.

Meski kecanduan gadget tak hanya dialami oleh anak-anak saja, namun pengaruh kecanduan gadget pada anak bisa lebih parah daripada efek yang terjadi pada orang dewasa.

Anak-anak akan sulit bersosialisasi, sulit berkonsentrasi, hingga berefek ke kesehatan mata.

Untuk dapat mengatasinya, coba cara berikut ini yang dirangkum dari Telkomsel, Sariwangi, dan Siloam Hospital.

Baca Juga: Catat 12 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis dan Penyebabnya

Jadikan teladan

Apabila Anda menyuruh anak untuk berhenti bermain gadget, maka hal pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan diri Anda terlebih dahulu untuk memberikan contoh baik.

Jadikan diri Anda sebagai teladan bagi anak. Sebab anak lebih mudah disiplin apabila anak memiliki role model yang baik, yakni Anda sebagai orang tua.

Atur jadwal

Bermain gadget terlalu sering tak hanya berdampak pada kesehatan mata, tetapi juga pada tingkat konsentrasi anak. Anak jadi kesulitan berkonsentrasi akibat sering begadang bermain gadget.

Maka buatlah jadwal bermain gadget. Batasi waktu bermain hanya hingga jam 9 malam dengan catatan anak telah mengerjakan semua tugas & PR di sekolah.

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui HP Disadap Orang, Waspadai Tanda-Tanda Berikut Ini

Batasi secara bertahap

Anak bermain ponsel

Ketika anak sudah terlanjur kecanduan gadget, maka orang tua tak bisa langsung membatasinya. Butuh tahapan demi tahapan agar anak bisa benar-benar lepas dari ketergantungannya terhadap gadget ini.

Berikan ia batas waktu untuk bermain gadget. Misalnya pada minggu pertama bermain gadget hanya 6 jam. Pada minggu kedua dibatasi hanya 4 jam. Minggu ketiga menjadi hanya 2 jam saja, dst.

Baca Juga: 9 Cara Memperbaiki Layar HP Android Berubah Hitam Putih

Gunakan wifi di rumah

Salah satu tips kurangi kecanduan gadget bisa dengan membatasinya lewat wifi. Sebab dengan menggunakan wifi, maka penggunaan internet dapat lebih mudah dikelola.

Tentukan tempat bebas gadget

Orang tua harus tegas dalam bersikap agar anak bisa mengurangi kecanduannya terhadap gadget. Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan tempat bebas gadget.

Contohnya ketika sedang makan di ruang makan, maka gadget tidak boleh dibawa untuk memaksimalkan komunikasi bersama keluarga dibandingkan hanya menunduk memainkan gawainya.

Baca Juga: Tips Jadikan Kegiatan Masak Bersama Anak Jadi Super Menyenangkan, Tidak Bikin Repot

Anak bermain

Ajak bersosialisasi

Salah satu akibat yang dapat dirasakan orang tua bagi anak yang kecanduan gadget ialah sering menyendiri & kesulitan bersosialisasi.

Jika itu telah terjadi, maka sebagai orang tua, Anda harus mulai membiasakan anak menyapa tetangga, berkunjung ke rumah teman sebaya, hingga mengunjungi keluarga terdekat.

Cara ini dapat membantu meningkatkan kecakapan/skill bersosialisasi sekaligus dapat mengurangi kecanduan gadget pada anak.

Baca Juga: 8 Cara Menjadi Role Model yang Baik untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Ajak anak beraktivitas

Salah satu cara jitu mengurangi kecanduan gadget pada anak bisa dilakukan dengan mengajaknya beraktivitas. Coba lakukan aktivitas di luar ruangan seperti rekreasi ke alam, bermain di taman bermain, bermain bola, ataupun berkebun.

Dengan memperbanyak aktivitas bergerak, maka perhatian anak akan teralihkan dari gadget ke hal lain. Dengan begitu, ketergantungannya terhadap gadget bisa diminimalisir.

Itulah berbagai tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang bisa para orang tua terapkan mulai sekarang.

Selanjutnya: 6 Makanan Terbaik untuk Detoks Tubuh, Bikin Tubuh Bersih Bebas Racun!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News