Santai

Wajib Tahu, Ini Daftar Genetik yang Diturunkan dari Orang Tua ke Anak

Wajib Tahu, Ini Daftar Genetik yang Diturunkan dari Orang Tua ke Anak

MOMSMONEY.ID - Moms, ternyata ada sifat dan genetik berikut ini yang bisa diturunkan dari orang tua, loh.

Dari sifat hingga penampilan, ada beberapa hal yang diturunkan dari orang tua ke anak-anak mereka ketika lahir.

Peran orang tua tentu tak jauh-jauh dari menyumbangkan beberapa fitur wajah, penampilan, dan juga sifat genetik lain pada keturunannya.

Apa saja, ya, hal-hal genetik yang diturunkan dari ibu dan juga ayah? Simak daftarnya berikut:

Baca Juga: Anti Stres, Coba 4 Cara Berikut Untuk Mengatasi Burnout

Ayah

Ayah memiliki peran dalam menurunkan beberapa sifat dan genetik. Salah satunya adalah berat badan. Dilansir dari laman RD, seberapa banyak lemak yang disimpan ayah, juga akan menurun pada anaknya. Termasuk, dalam hal metabolisme dan pengaruh berat badan anak.

Selain itu, tinggi badan, warna mata, bentuk bibir, dan sidik jari dari anak juga merupakan genetik yang menurun dari sang ayah. Meski biasanya bentuk tersebut tak nampak identik, fitur-fitur tersebut akan terlihat mirip dengan yang dimiliki sang ayah.

Tingkat kesuburan yang diperoleh oleh anak juga didapatkan dari ayahnya. Baik bagi anak perempuan maupun laki-laki, tingkat kesehatan kesuburan anak akan bergantung dari ayahnya.

Hal tersebut disebabkan karena ayah memiliki sel yang disebut centrioles yang hanya bisa diturunkan dari ayah.

Baca Juga: 4 Cara Menghadapi Anak Remaja yang Sedang Marah dengan Tepat, Hindari Kritik Berlebih

Ibu

Beberapa kebiasaan yang dimiliki sang ibu bisa menurun pada anaknya. Salah satunya adalah tentang kebiasaan tidur. Ternyata, kebiasaan tidur yang didapatkan anak diperolehnya dari kebiasaan tidur sang ibu.

Laman Parenting First Cry menjelaskan, kemungkinan tersebut bisa datang dari kebiasaan tidur sang anak dengan ibu semasa kecil di mana anak menghabiskan banyak waktu tidur bersama dengan ibu.

Selain kebiasaan tidur, jenis rambut anak juga biasanya diturunkan dari ibu. Seperti warna rambut, jenis rambut yang dimiliki, dan juga tebal tipisnya rambut juga lebih banyak menurun dari ibunya.

Tekanan darah dan juga penyakit bawaan lainnya seperti diabetes dan metabolisme tubuh juga lebih banyak menurun dari ibu dibanding ayah.

Di samping itu, tingkat fokus dan inteligensi seorang anak juga akan menurun dari gen ibunya.

Nah, itulah tadi beberapa fitur, kebiasaan, dan sifat genetik yang diturunkan orang tua ke anak mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News