Santai

Tidak Bisa Upload Video di TikTok? Simak 10 Cara Memperbaiki dan Mengatasinya

Tidak Bisa Upload Video di TikTok? Simak 10 Cara Memperbaiki dan Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Menambahkan video ke TikTok merupakan salah satu cara Anda untuk menunjukkan kreatifitas dan terhubung dengan teman di dunia maya. Namun, bagaimana jika tidak bisa upload video di TikTok?

Kenapa tidak bisa upload video di TikTok? Pertanyaan ini menjadi masalah yang kerap dialami oleh beberapa pengguna TikTok. 

Anda akan merasa kebingungan kenapa tidak bisa upload video di TikTok padahal internet berjalan dengan lancar. 

Baca Juga: Simak Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis

Tak perlu khawatir, artikel ini memberikan solusi dari masalah ini. Ada beberapa cara memperbaiki dan mengatasi tidak bisa upload video di TikTok. 

Mengutip TechWiser, berikut ini cara memperbaiki tidak bisa upload video di Tiktok. 

1. Periksa Koneksi Internet

Anda mungkin sudah melakukan langkah ini, namun jika belum, ada baiknya Anda menjalankan tes kecepatan internet cepat untuk memverifikasi bahwa koneksi internet Anda berfungsi dengan benar. 

Jika koneksi Anda lambat atau tidak dapat diandalkan, Anda mungkin mengalami pesan 'Tidak dapat mengunggah video. Video tersebut disimpan ke kesalahan draf Anda di TikTok berulang kali.

2. Mulai Ulang Aplikasi

Ilustrasi pengguna ponsel

Ini adalah langkah lain yang perlu Anda ambil sebelum menghabiskan waktu untuk perbaikan lebih lanjut. Kesalahan sementara pada aplikasi atau situs web TikTok mungkin menghalanginya memproses unggahan. Anda dapat memulai ulang aplikasi atau menyegarkan halaman web untuk melihat apakah itu membantu.

Untuk menutup TikTok di Android, tekan lama ikon aplikasinya dan ketuk ikon info dari menu yang dihasilkan. Lalu, ketuk opsi Paksa berhenti di bagian bawah.

Di iPhone, geser ke atas dari bawah layar (atau tekan tombol Layar Utama dua kali) untuk membuka pengalih aplikasi. Lalu, geser ke atas pada kartu TikTok untuk menutup aplikasi.

Mereka yang menggunakan TikTok di browser web dapat memuat ulang halaman web dengan mengeklik ikon segarkan dan melihat apakah itu membantu.

3. Periksa Status Akun

TikTok mungkin menampilkan pesan 'Tidak dapat mengunggah video. Coba lagi nanti.' kesalahan pada ponsel atau komputer Anda jika akun Anda diblokir sementara. Anda perlu melihat pemberitahuan yang menunjukkan larangan akun saat Anda membuka aplikasi TikTok. 

Baca Juga: Cara Menonton Video TikTok Secara Offline Tanpa Harus Unduh di HP

Jika Anda tidak melihat pemberitahuan tersebut, navigasikan ke tab Kotak Masuk dan ketuk Aktivitas untuk memeriksa pemberitahuan terkait larangan apa pun.

Meskipun pemblokiran akun sementara di TikTok biasanya berlangsung selama 24 hingga 48 jam, larangan bayangan dapat bertahan selama beberapa hari hingga dua minggu. 

Jika Anda yakin bahwa larangan tersebut adalah sebuah kesalahan, Anda dapat mengetuk tombol Banding dan ikuti petunjuk di layar untuk mengajukan permintaan pencabutan larangan tersebut.

4. Pastikan Video Mematuhi Hak Cipta dan Pedoman Komunitas

Alasan lain TikTok tidak mengizinkan Anda mengunggah video adalah masalah hak cipta. Hal ini juga dapat terjadi jika video Anda melanggar Ketentuan Layanan atau Pedoman Komunitas TikTok. 

Coba unggah video lain untuk memeriksa apakah ada masalah dengan video yang ingin Anda posting.

Jika kesalahan terus berlanjut hanya pada video tertentu, kemungkinan ada masalah pada konten itu sendiri, bukan pada TikTok atau akun Anda.

5. Nonaktifkan Sementara VPN

Apakah Anda menggunakan koneksi VPN saat mengunggah ke TikTok? Jika demikian, menghubungkan ke server di wilayah yang melarang TikTok dapat mengakibatkan kesalahan. Dalam hal ini, mematikan koneksi VPN Anda akan menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Video TikTok Tidak Bisa Disimpan? Begini Cara Memperbaikinya

6. Periksa Apakah TikTok Down

TikTok, seperti layanan lainnya, rentan terhadap pemadaman server. Jika server TikTok sedang down, video Anda tidak akan diunggah atau diposting, apa pun yang Anda lakukan.

Anda dapat memeriksa status server TikTok di situs web seperti Downdetector untuk memeriksa kemungkinan ini.

7. Hapus Cache Aplikasi atau Browser

Data cache yang ada juga dapat mempengaruhi proses TikTok dan memicu kesalahan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya hapus cache yang terkait dengan aplikasi atau browser TikTok.

8. Nonaktifkan Ekstensi

Misalkan Anda menggunakan ekstensi pihak ketiga untuk meningkatkan pengalaman TikTok Anda dengan cara apa pun.

Dalam hal ini, salah satu ekstensi tersebut dapat mengganggu TikTok sehingga menyebabkan kesalahan 'Tidak dapat mengunggah video'.

Pertimbangkan untuk menonaktifkan sementara ekstensi tersebut untuk melihat apakah itu membantu.

Ketik chrome://extensions (Chrome) atau edge://extensions (Edge) di bilah alamat dan tekan Enter. Matikan tombol di sebelah ekstensi TikTok Anda. 

Mulai ulang browser Anda setelah ini dan coba unggah video TikTok Anda. 

9. Coba Browser Lain

Jika menonaktifkan ekstensi terbukti tidak efektif, Anda dapat mencoba beralih ke browser lain untuk sementara. 

Ini akan memungkinkan Anda menghindari masalah khusus browser apa pun yang mungkin menyebabkan video TikTok terhenti saat diunggah.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Bisa Lewat SSSTiktok

10. Perbarui Aplikasi

Jika Anda masih tidak dapat mengunggah video ke TikTok, Anda mungkin menggunakan versi aplikasi yang sudah ketinggalan zaman. 

Pertimbangkan untuk memperbarui aplikasi TikTok di Android atau iPhone Anda jika tidak ada yang berhasil. Setelah itu, Anda seharusnya bisa mengupload video seperti sebelumnya. 

Nah itulah beberapa cara memperbaiki dan mengatasi tidak bisa upload video di TikTok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News