Santai

Video TikTok Tidak Bisa Disimpan? Begini Cara Memperbaikinya

Video TikTok Tidak Bisa Disimpan? Begini Cara Memperbaikinya

MOMSMONEY.ID - Tidak seperti platform media sosial lainnya seperti Twitter, LinkedIn, Facebook, dan Instagram, TikTok memungkinkan Anda mengunduh video di penyimpanan ponsel Anda. 

Beberapa video TikTok dapat diunduh secara gratis untuk dibagikan ulang. 

Namun, bagaimana jika video TikTok tidak bisa disimpan? Tak perlu khawatir, ada beberapa cara memperbaiki video TikTok tidak bisa disimpan. 

Baca Juga: Cara Menandai Orang di Instagram Story Setelah Diunggah, Begini Tipsnya

Mengutip Guilding Tech, berikut cara memperbaiki video TikTok tidak bisa disimpan. 

1. Nonaktifkan Izin

Apakah pengikut TikTok Anda sering mengeluh tidak bisa mendownload konten Anda? Anda perlu mengaktifkan izin yang diperlukan agar orang lain dapat mengunduh konten yang Anda unggah. 

2. Periksa Izin Penyimpanan

Jika TikTok tidak memiliki izin penyimpanan di ponsel Anda, TikTok tidak dapat menyimpan video yang diunduh di ponsel Anda. 

3. Nonaktifkan Mode Penghemat Data 

Tiktok

Mode penghemat data yang aktif di TikTok dapat mencegah Anda mengunduh video di ponsel Anda. Anda perlu menonaktifkan mode penghemat data menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

- Luncurkan TikTok dan buka Pengaturan dan privasi (periksa langkah-langkah di atas).

- Gulir ke Penghemat Data.

- Nonaktifkan tombol Penghemat Data.

4. Biarkan Aplikasi Tetap Terbuka

Beberapa skin Android hadir dengan RAM dan manajemen baterai yang agresif dan mungkin mengacaukan proses pengunduhan di latar belakang. Anda harus tetap membuka aplikasi TikTok selama proses pengunduhan dan menyimpan video tanpa masalah.

Anda juga dapat mengunci aplikasi TikTok dan tetap menjalankannya di latar belakang sepanjang waktu. Anda dapat membuka menu aplikasi terkini dan mengetuk ikon TikTok untuk menguncinya.

Baca Juga: Fitur Membagikan Status WhatsApp ke Instagram, Intip Caranya

5. Periksa Koneksi Jaringan

Jika ponsel Anda mengalami masalah koneksi jaringan, Anda tidak dapat menyimpan video TikTok. Anda perlu mengaktifkan mode Pesawat untuk sementara dan menonaktifkannya setelah beberapa waktu untuk mengatur ulang konektivitas jaringan.

Anda perlu memastikan kecepatan internet berkecepatan tinggi sebelum menyimpan video TikTok. Jika masalah terus berlanjut, setel ulang pengaturan jaringan di Android atau iPhone. 

6. Periksa Server TikTok

Jika server TikTok sedang down, Anda tidak dapat mengunduh video dari platform. Anda dapat menuju ke Downdetector dan mencari TikTok untuk mengonfirmasi pemadaman. 

Anda harus menunggu TikTok memecahkan masalah sisi server dan mencoba lagi setelah beberapa waktu.

7. Hapus Cache TikTok

Cache TikTok yang rusak juga dapat menyebabkan masalah saat mengunduh video. Anda harus menghapus cache TikTok dan coba lagi.

8. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Apakah Anda masih menghadapi masalah saat mengunduh video TikTok di ponsel Anda? Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyelesaikan masalah ini.

Baca Juga: Cara Transkrip Audio ke Teks di iPhone, Simak 5 Tipsnya

Caranya :

- Unduh TikTok Downloader di ponsel Anda dan luncurkan aplikasinya.

- Salin dan tempel tautan video TikTok. Tekan Unduh.

Video unduhan Anda siap dibagikan dari aplikasi galeri. Dengan menggunakan trik ini, Anda juga dapat mengunduh video yang dibatasi (yang izinnya telah dinonaktifkan oleh pembuatnya).

9. Perbarui TikTok

Aplikasi TikTok yang ketinggalan jaman bisa menjadi alasan utama di sini. Anda harus memperbarui TikTok ke versi terbaru dari App Store atau Google Play Store dan mencoba keberuntungan Anda dengan mengunduh video.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki video TikTok tidak bisa disimpan. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News