Santai

Kamera iPhone Tidak Fokus? Simak Cara Memperbaiki dengan Ikuti 6 Hal Ini

Kamera iPhone Tidak Fokus? Simak Cara Memperbaiki dengan Ikuti 6 Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Jika Anda mengalami kamera iPhone tidak fokus, bisa memperbaiki dengan beberapa cara berikut ini. 

Kamera iPhone dipuji karena kemampuan fotografinya yang luar biasa. Tapi, pernahkah Anda mengalami kamera iPhone tidak fokus?

Hal ini tentunya akan mengurangi hasil gambar. Tenang, ada beberapa cara memperbaiki kamera iPhone tidak fokus. 

Baca Juga: Cek IMEI HP Baru, Simak Cara Mudahnya di Semua Perangkat Android dan iPhone

Mengutip TechWiser, berikut cara memperbaiki kamera iPhone tidak fokus: 

1. Pemeriksaan dasar

Anda dapat memulai ulang iPhone untuk memberikan tampilan baru. Ini akan membantu membersihkan segala pemrosesan yang berjalan di latar belakang atau gangguan perangkat lunak.

Seiring berjalannya waktu, iPhone Anda mungkin terkena debu, kotoran, dan noda. Hal ini mempersulit kamera untuk fokus pada suatu subjek dan sering kali menghasilkan foto yang buram atau kurang tajam.

Kami merekomendasikan kain mikrofiber bersama dengan alkohol isopropil untuk membersihkan lensa di bagian belakang iPhone.

background foto

Saat membersihkan, jika Anda melihat goresan pada lensa kamera, iPhone Anda mungkin kesulitan untuk fokus. Jika demikian, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi pusat layanan resmi Apple untuk mengganti lensa kamera.

Pertimbangkan untuk melepas aksesori apa pun , seperti pelindung lensa, penutup belakang, film, atau lensa magnetis, karena aksesori tersebut mungkin tidak terpasang dengan benar atau menumpuk kotoran atau noda. Hal itu dapat mengganggu kemampuan kamera untuk fokus dengan benar.

Saat cahaya redup, kamera iPhone akan kesulitan untuk fokus pada subjek.

Baca Juga: Simak Cara Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya di HP Android dan iPhone

2. Ganti mode kamera 

Kadang-kadang, bahkan hal paling konyol sekalipun dapat berfungsi pada file seperti beralih antara kamera belakang dan depan. 

Misalnya, Anda dapat beralih antara mode foto, video, atau potret. Namun, ini bukan solusi permanen dan Anda mungkin perlu mengulangi langkah ini sesekali.

3. Coba fokus manual

Jika kamera iPhone Anda gagal fokus secara otomatis, coba metode fokus manual. Arahkan kamera Anda ke subjek dan ketuk layar hingga Kunci AF (Kunci fokus otomatis) muncul.

Sementara itu, Anda juga bisa mengatur lampu jika Anda mengklik foto di dalam ruangan.

Baca Juga: Ingin Sembunyikan Kontak di iPhone? Ikuti 7 Cara Mudah dan Praktis

4. Aplikasi pihak ketiga tidak kompatibel

Saat Anda mencoba mengambil foto langsung dari antarmuka kamera aplikasi Instagram, Snapchat, atau WhatsApp, hal ini dapat menyebabkan masalah fokus. Dalam skenario seperti itu, perbarui atau instal ulang aplikasi untuk mengatasi masalah fokus.

Jika itu tidak menyelesaikan masalah, gunakan aplikasi Kamera default di iPhone Anda untuk mengambil gambar dan kemudian mengunggahnya langsung ke media sosial favorit Anda, dokumen, atau aplikasi lainnya.

5. Periksa pembaruan iOS

Menjalankan versi iOS yang lebih lama berarti aplikasi kamera juga sudah lama dan mungkin memiliki beberapa bug. Dengan aplikasi kamera terbaru di versi iOS, Anda dapat menikmati pengalaman mengklik yang efisien dan juga mencoba fitur-fitur baru. 

Untuk memperbarui iOS di iPhone Anda, navigasikan ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak dan klik tombol Instal Sekarang jika pembaruan tersedia.

Baca Juga: Simak Cara Download Minecraft Diskon 15 Ribu, Berlaku di Android dan iOS

6. Setel ulang iPhone

Tidak seperti Android, iPhone tidak memiliki mekanisme untuk membersihkan cache Aplikasi apa pun, terutama jika itu adalah aplikasi sistem. Jadi, Anda mungkin harus mengatur ulang iPhone Anda untuk mengembalikannya ke kondisi default pabrik.

Ini juga berarti, Anda akan kehilangan data di iPhone Anda. Jadi kami menyarankan Anda mengambil cadangan lengkap data iPhone Anda sebelum mencoba mengatur ulang.

Itulah beberapa cara memperbaiki kamera iPhone tidak fokus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News