HOME, Santai

Ternyata Ini 4 Cara Alami Tingkatkan Hormon Serotonin dalam Tubuh!

Ternyata Ini 4 Cara Alami Tingkatkan Hormon Serotonin dalam Tubuh!

MOMSMONEY.ID - Hormon merupakan bagian terpenting dalam tubuh yang membawa pesan kimia bagi fungsi tubuh. Serotonin adalah salah satu hormon yang berguna dalam meredakan anxiety dan stress.

Serotonin memiliki fungsi untuk menciptakan suasana dan perasaan senang pada pikiran. Hormon ini juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Jika hormon serotonin di tubuh dalam jumlah rendah maka tingkat depresi pun akan bertambah.

Meningkatkan hormon serotonin sebenarnya cukup mudah. Bahkan tak perlu obat, serotonin dapat ditingkatkan dengan secara natural. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan serotonin secara alami.

Baca Juga: Coba Yuk! Ini Peregangan Ringan yang Bisa Dilakukan dari Channel Pamela Reif

Cahaya matahari

Laman Health Line menjelaskan bahwa serotonin akan lebih mudah mengalami penurunan pada musim dingin, saat tingkat pancaran sinar matahari mengalami penurunan. Padahal cahaya matahari dapat membantu untuk meningkatkan serotonin pada tubuh.

Luangkan waktu 10-15 menit dalam sehari untuk berjemur atau melakukan aktivitas di luar ruangan. Berjemur dan cahaya matahari pun juga akan membantu kulit untuk beregenerasi dan menghasilkan serotonin lebih banyak.

Olahraga

Secara umum, rutin melakukan olahraga memang bisa membantu menurunkan stress. Gerakan yang ditimbulkan oleh otot-otot saat berolahraga akan menghasilkan tryptophan, yang nantinya akan diubah tubuh menjadi serotonin.

Tryptophan dalam tubuh yang telah diubah menjadi serotonin akan menekan jumlah amino acid dalam tubuh yang menjadi penyebab munculnya stress.

Baca Juga: 5 Tips untuk Tetap Fokus dan Produktif Saat Berpuasa, Yuk Praktikkan!

Makan makanan tinggi Tryptophan

Banyak jenis-jenis makanan sehat yang bisa menjadi salah satu sumber serotonin. Salah satunya adalah akanan-makanan yang mengandung tryptophan. Mengkonsumsi makanan tinggi tryptophan tentu bisa membuat kadar serotonin menjadi meningkat dan terhindar dari stress.

Laman Mind Body Green menyarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti oats, tomat, ayam, salmon, telur, kiwi, dan kacang-kacangan sebagai jenis makanan yang memiliki banyak sumber tryptophan.

Pijat     

Terapi pijat yang menenangkan bisa membantu meningkatkan serotonin dan dopamine pada tubuh. Pijat juga mampu membantu menurunkan kortisol, yaitu zat lain yang juga menjadi menyebabkan stress.

Di sisi lain, rutin melakukan terapi spa atau pijat juga dapat membuat tingkat stress pada tubuh dan pikiran menjadi lebih menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News