Santai

Tari Kontempoer Meriahkan Perayaan Hubungan Diplomatik Ke-75 Indonesia-Inggris

Tari Kontempoer Meriahkan Perayaan Hubungan Diplomatik Ke-75 Indonesia-Inggris

MOMSMONEY.ID - Pertunjukan tari kontemporer “IMAGO” ditampilkan di Taman Ismail Marzuki pada Jumat (28/4). Tari kontemporer yang dibawakan oleh duo penari-koreografer asal Inggris, Pett|Clausen-Knight (PCK Dance) ini memeriahkan perayaan ke-75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris.

Pertunjukan ini merupakan persembaha dari British Coundil dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta serta Yayasan Bina Balet Indonesia (Ballet.id).

Direktur British Council Indonesia dan Asia Tenggara Summer Xia mengatakan, pertunjukan ini merupakan cara untuk merayakan hubungan yang ada dengan fokus pada orang, planet, kedamaian, dan kemakmuran.

Menurutnya, sebagai sebuah organisasi budaya Inggris, misi British Council adalah untuk membangun hubungan kepercayaan dan pemahaman antara masyarakat Inggris dan Indonesia.

“Seni dan budaya memegang peran yang krusial dalam membangun hubungan tersebut, karena kami melihat kekuatan transformatif seni dan budaya untuk saling berinteraksi dan berbagi bahasa universal melalui tarian,” ujar Summer Xia,” Jumat (28/4).

Baca Juga: Emosi dalam Diri Manusia, Mari Mengenal Apa itu Anxiety dan Cara Menanganinya

Summer Xia juga berharap kolaborasi ini menjadi titik awal dari sesuatu yang lebih besar ke depannya.

Adapun, melalui pertunjukan ini, dia berharap penonton Indonesia akan lebih mengapresiasi tari kontemporer dari Inggris. Menurutnya, tarian kontemporer ini sangat kaya, beragam dan kreatif.

Bukan hanya itu, meski tarian ini berasal dari pengalaman Travis Knight dan James Pett, tetapi dia juga berharap para penonton dapat terhubung dengan penampilan ini. Apalagi, tarian ini bercerita mengenai hubungan individu dengan alam melalui simbol bahasa bunga.

“Jadi saya harap semua orang akan menemukan sesuatu yang bisa membuat mereka merasa sangat terhubung dan orang bisa menginterpretasikannya secara berbeda. Saya rasa itu keindahan dari penampilan yang akan membawa penonton dalam sebuah perjalanan,” katanya.

Dia juga berharap penonton bisa benar-benar melihat nilai dari pertukaran budaya, koneksi dan kerja sama yang ada.

Adapun, pertunjukan ini menandai awal dari kolaborasi antara PCK Dance dan penari Indonesia sebagai bagian dari rangkaian pertunjukan RASA: Where Hearts Speak Through Dance, yang diselenggarakan oleh Ballet.id, yang berlangsung mulai 28 Juni hingga puncak acara pada tanggal 6 Juli 2024.

Pertunjukan tari Ballet.id yang bertajuk “RASA” bertujuan untuk menampilkan dan merayakan puncak pencapaian para seniman balet dan tari kontemporer Indonesia. Acara ini juga berfungsi sebagai wadah untuk kolaborasi dan pertukaran budaya dengan seniman internasional, menunjukkan potensi pelaku ekonomi kreatif Indonesia dalam mengoptimalkan sektor seni pertunjukan.

Inisiatif ini juga bertujuan untuk memperkuat ekosistem balet dan tari kontemporer dengan meningkatkan kapasitas para penarinya.

Co-Founder & Executive Director Ballet.id Mariska Febriyani mengatakan, kolaborasi ini melebihi ekspektasinya. “Dan kami sangat senang karena kami  bisa membawa James dan Travis ke Jakarta untuk berkolaborasi dengan penari Indonesia untuk tampil bersama,” katanya.

Selanjutnya: Turun Gunung, SD Darmono Kembali Jabat Dirut Jababeka (KIJA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News