Santai

Tanaman Hias Sensorik yang Bisa Menambah Daya Tarik Ruangan Rumah

Tanaman Hias Sensorik yang Bisa Menambah Daya Tarik Ruangan Rumah

MOMSMONEY.ID - Tumbuhan berperan positif dalam mendukung kehidupan sehari-hari yang sehat dengan menstimulasi panca indera manusia. Terdapat tanaman hias sensorik yang bisa menambah daya tarik ruangan rumah.

Tanaman hias sensorik ini dapat Anda rawat di dalam rumah untuk menstimulasi panca indera Anda. 

Tak hanya itu, tanaman hias sensorik ini juga dapat ditanam dengan mudah untuk menambah daya tarik pada ruangan Anda. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Tidak Boleh di Dalam Rumah, Bisa Berbahaya

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini tanaman hias sensorik. 

1. Tanaman Hias untuk Penciuman

Herbal adalah pilihan bagus untuk merangsang organ sensorik di taman dalam ruangan. Rosemary, Lemon balm, dan mint bagus untuk mengangkat suasana hati. 

Aroma peterseli dan daun ketumbar yang bersahaja juga membantu menciptakan suasana hati yang tenang.

Lavender, Eucalyptus, dan Geranium adalah beberapa tanaman wangi terbaik yang bisa Anda tanam di dalam ruangan, asalkan jendela Anda cerah.

2. Tanaman Hias untuk Peraba

Daun Kuping Gajah

Telinga Gajah Beludru Kerdil (Kalanchoe beharensis) adalah semak mirip pohon yang tumbuh lambat dengan daun-daun kecil, bengkok, dan dipotong berbentuk mawar yang ditutupi 'bulu' berwarna coklat lembut.

Tanaman dengan dedaunan beludru seperti gairah ungu, tanaman beludru putih, dan calathea beludru terasa lembut dan sangat membantu merangsang indra peraba.

Tanaman sensitif atau  jangan sentuh saya juga merupakan spesimen bagus yang memiliki antidepresan dan berbagai aspek farmakologis lainnya.

Baca Juga: Waspadai 9 Tanaman Hias Beracun yang Ada di Sekitar Rumah, Bisa Menyebabkan Iritasi

Anda juga bisa menanam sirih gading, yang memiliki efek psikologis dan fisiologis ketika dedaunannya disentuh.

Bunga Violet Afrika menampilkan bunga berwarna biru ungu dengan daun hijau tua seperti beludru yang menenangkan pikiran dengan sentuhan indahnya.

3. Tanaman Hias untuk Suara

Bambu mengeluarkan suara yang merdu ketika angin melewati batangnya. Namun, budidaya di dalam ruangan sulit dilakukan, jadi alternatifnya adalah menanam palem bambu.

Rumput Hias juga dapat menstimulasi indera pendengaran di taman dalam ruangan dan dihargai karena suara menenangkan yang dihasilkannya saat angin bertiup melewatinya.

4. Tanaman Hias untuk Indera Penglihatan

Anggrek memberikan perasaan puas pada yang melihatnya. Bunga berwarna-warni menampilkan kontur pahatan dan nuansa cerah yang menawan dengan keindahan yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Langka untuk Menambah Koleksi di Rumah

Poinsettia memamerkan bracts berwarna-warni bersama dengan dedaunan hijau yang meningkatkan daya tarik visual taman sensorik dalam ruangan Anda dengan suasana meriah.

Sukulen juga merupakan pilihan bagus karena sangat mudah ditanam dan dipelihara. Mereka juga datang dalam berbagai bentuk , ukuran, dan warna. 

Jadi itulah beberapa tanaman hias sensorik yang bisa menambah daya tarik ruangan rumah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News