Santai

Waspadai 9 Tanaman Hias Beracun yang Ada di Sekitar Rumah, Bisa Menyebabkan Iritasi

Waspadai 9 Tanaman Hias Beracun yang Ada di Sekitar Rumah, Bisa Menyebabkan Iritasi

MOMSMONEY.ID - Ada ratusan tanaman hias cantik yang bisa Anda tanam, namun ada beberapa yang mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek tidak menyenangkan. Terdapat 9 tanaman hias beracun yang ada di sekitar rumah.

Bahkan, tanaman hias beracun ini mungkin saja Anda rawat. Untuk itu, Anda perlu menyimak 9 tanaman hias beracun yang ada di sekitar rumah. 

Tanaman hias bercaun ini dapat menyebabkan iritasi kulit, sakit perut dan rasa terbakar pada mulut dan tenggorokan. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik yang Bisa Dirawat di Rumah

Jika Anda memiliki anak-anak dan hewan peliharaan, hindari tanaman hias beracun ini. 

Mengutip Bhg.com, berikut ini tanaman hias beracun yang ada di sekitar rumah. 

1. Dumb Cane

Getahnya menyebabkan lidah terbakar dan membengkak, cukup menghalangi udara masuk ke tenggorokan. Ini bisa berakibat fatal bagi manusia dan hewan peliharaan jika tertelan dalam jumlah banyak. 

Ada banyak stand tanaman bergaya yang tersedia di toko yang akan membantu Anda menjauhkan tanaman ini dari tanah dan jauh dari bayi dan anjing kecil yang merangkak.

2. English Ivy

Tanaman ini adalah tanaman merambat yang sempurna untuk digantung di rak buku atau taman kontainer dalam ruangan. 

English ivy dalam jumlah besar harus tertelan dapat menyebabkan masalah serius, namun seluruh bagian tanaman dapat menyebabkan gejala yang meliputi iritasi kulit, tenggorokan terbakar (setelah makan buah beri), demam, dan ruam. 

Karena tanaman ivy cenderung tertinggal, letakkan di tempat yang tinggi, jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

3. Lily Paskah

Aroma bunga ini tidak salah lagi dan mekarnya yang putih bersih sangat menarik perhatian. Meski cantik, kucing diketahui menderita penyakit serius setelah memakan bunga lili Paskah. 

Baca Juga: 8 Tren Tanaman Hias Tahun 2024, Monstera Tetap Jadi Primadona

Menelan bagian tanaman mana pun dalam jumlah kecil sekalipun dapat menyebabkan kematian kucing karena gagal ginjal jika tidak ditangani oleh dokter hewan dalam waktu 18 jam. 

Bahkan serbuk sari pun beracun bagi kucing, jadi sebaiknya hilangkan benang sari kuning segera setelah bunga mekar untuk mencegah hewan peliharaan Anda terkena serbuk sari yang jatuh. Tanaman ini tidak beracun bagi anak-anak.

4. Lily Damai

Tanaman hias dengan pencahayaan rendah yang populer , bunga lili perdamaian hanya beracun jika daunnya dimakan dalam jumlah besar. 

Nikmati dedaunan hijau tua dan bunga putih dari jauh, (misalnya, di atas rak buku) jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak kecil. Seiring bertambahnya usia, warna dedaunan hijau bunga lili perdamaian semakin dalam. 

5. Bunga Bakung

Jika Anda berencana menanam umbi di dalam ruangan, Anda harus tahu bahwa banyak umbi musim semi, termasuk eceng gondok dan bakung, jika dipaksa mekar di dalam ruangan, akan beracun jika dimakan oleh manusia atau hewan peliharaan. 

Mengonsumsi umbinya (yang sering disalahartikan sebagai bawang merah atau bawang bombay) dapat menyebabkan masalah perut yang parah, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, dan bahkan kematian. Pastikan Anda menyimpan bunga bakung di meja atau rak agar tidak diganggu, atau coba tanam di terarium. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Tidak Boleh di Dalam Rumah, Bisa Berbahaya

6. Philodendron

Tidak ada kelompok tanaman lain yang banyak digunakan di dalam ruangan selain philodendron , tetapi tanaman ini beracun bagi manusia dan hewan peliharaan.

Memakannya dapat menyebabkan rasa terbakar dan bengkak pada bibir, lidah, dan tenggorokan, disertai muntah dan diare. Seperti tanaman ivy, philodendron memiliki kebiasaan mengikuti, jadi jauhkan dari lantai.

7. Pothos

Kerabat dekat philodendron, sirih gading juga mudah tumbuh, namun sayangnya menimbulkan gejala yang sama seperti philodendron jika tertelan. 

Jika Anda tidak bisa menjauh dari daun cantik berbentuk hati ini, cobalah di keranjang gantung agar jauh dari jangkauan.

8. Pohon Palem

Jadikan rumah Anda terasa seperti oase tropis dengan miniatur pohon palem ini. Salah satu tanaman tertua yang masih hidup di bumi, pohon sagu mungkin bertahan begitu lama karena hewan tidak memakannya.

Seluruh bagian tanaman, termasuk biji dan akarnya, beracun. Menelan pohon sagu menyebabkan muntah dan diare, dan dapat menyebabkan gagal hati.

Baca Juga: Tips Dekorasi Tanaman Hias saat Liburan, Bikin Suasana Rumah Jadi Nyaman

9. Plant ZZ

Tanaman ZZ yang tahan kekeringan merupakan tambahan yang bagus untuk situasi cahaya redup di rumah dan kantor, tetapi semua bagian tanaman ini beracun.

Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, dan cuci tangan Anda atau kenakan sarung tangan jika Anda perlu memegangnya. Tanaman ini tahan terhadap pengabaian, jadi Anda tidak perlu terlalu sering bersentuhan dengannya.

Nah itulah tanaman hias beracun yang ada di sekitar rumah. Tetap waspada dan berhati-hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News