BisnisYuk

Tambah Penghasilan, Tips Sukses Jadi Konten Kreator

Tambah Penghasilan, Tips Sukses Jadi Konten Kreator

MOMSMONEY.ID - Memiliki keuangan yang sehat jadi keinginan banyak orang. Apalagi dengan kebutuhan yang semakin banyak dan di era yang dinamis dan penuh inovasi banyak orang giat mencari peluang baru memenuhi perekonomiannya. Contoh nyata dari prinsip ini dapat dilihat pada sosok Nining, seorang anak muda pegawai kantoran dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Dirinya berhasil menjalani hidup impiannya dan meraih cita-cita bersama Shopee Video. Menjadi salah satu pionir yang bergabung dalam program Shopee Video Creator pada bulan April tahun 2022 merupakan sebuah keputusan yang awalnya Nining ambil dengan penuh harapan namun tanpa ekspektasi berlebih. Ternyata, langkah tersebut membawa hasil yang jauh lebih menguntungkan dari yang pernah ia bayangkan.

Nining, Shopee Content Creator mengatakan awalnya dirinya tidak pernah mengira bisa menjadi content creator yang diikuti banyak orang, apalagi sampai mendapatkan penghasilan tambahan yang mengubah hidupnya secara signifikan. Setelah beberapa tahun dirinya giat membuat konten di media sosial dan bergabung dalam program Shopee Video Creator, dirinya mendapat keuntungan.

Tidak hanya komisi, Nining bilang kala dirinya aktif posting di Shopee Video dan followers juga terus meningkat, semakin banyak brand yang mengajaknya kerjasama untuk review produk mereka di Shopee Video, lengkap dengan menautkan link keranjang oranye yang sangat memudahkan pembeli untuk check out.

Baca Juga: Bisnis Fesyen Berkembang, Claude Hadirkan Koleksi Terbarunya

"Diawali oleh rasa penasaran dan ingin memberikan rekomendasi produk kepada audiens yang lebih luas, ternyata kini Shopee Video membuahkan hasil yang jauh di atas ekspektasi," ujarnya dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Tentunya, kesuksesan yang Nining capai sekarang tidak terjadi dalam satu malam, diperlukan konsistensi, kegigihan, dan kreativitas yang tidak mudah untuk dijalani setiap harinya. Setiap konten yang dibuat adalah hasil dari dedikasi yang kuat dan usaha tanpa henti untuk terus belajar dan berinovasi.

Melimpahnya keuntungan yang ia rasakan dari Shopee Video pun mendorong Nining untuk mengajak dan memotivasi orang-orang sekitarnya untuk turut bergabung dalam program Shopee Affiliate sekaligus menjadi kreator di Shopee Video.

Ia menyadari bahwa di luar sana tentu ada banyak orang yang memiliki potensi dan keinginan untuk turut merasakan berbagai keuntungan yang dihadirkan Shopee Video seperti dirinya. Oleh karena itu, Nining memberikan beberapa tips berharga yang dapat membantu para pemula untuk memulai perjalanan mereka sebagai seorang content creator.

1. Aktif berinteraksi dengan audiens untuk mempelajari apa yang mereka sukai

“Hal paling penting yang harus kamu lakukan saat mulai menjadi content creator adalah menentukan kamu ingin fokus di konten seperti apa. Contohnya, karena aku memang punya ketertarikan dengan produk skincare, makeup, dan fashion maka aku memutuskan untuk fokus di tiga kategori itu,” ungkap Nining.

Baca Juga: Promo Guardian Super Hemat s/d 19 Juni 2024, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Hair Mask Ellips

Tidak hanya menentukan tipe konten apa yang cocok dengan persona-mu, sangat penting juga untuk mempelajari tipe konten seperti apa yang dicari dan disukai oleh target audiens.

"Setelah beberapa tahun jadi content creator, aku sekarang merasa sudah menemukan formula konten yang disukai oleh audiens aku. Konten yang to the point seperti try on langsung produk skincare di wajah yang dilengkapi dengan editan yang ‘ramai’ dan fun biasanya akan mendapatkan respon dan engagement yang lebih tinggi dari followers-ku," bebernya.

Semakin anda mengerti apa yang audiens sukai, semakin mudah bagi anda untuk membuat rencana konten yang akan membuat mereka betah menonton, mengikuti, dan ikut membeli produk yang direkomendasikan. "Jadi, sering-sering lihat komentar dan berinteraksi dengan followers-mu, ya!” lanjut Nining.

2. Pentingnya menjaga konsistensi dan terus berinovasi

Setelah menjadi content creator selama beberapa tahun, Nining menekankan pentingnya konsistensi agar dapat mengembangkan jumlah followers serta meningkatkan rasa percaya mereka akan review yang ia buat. Nining mengatakan konsistensi itu ibarat sahabat setia yang harus selalu dijaga dalam dunia konten. Jangan sampai kehilangan atensi dari audiens karena jarang posting. Tapi ingat ya, konsisten bukan berarti monoton.

"Tetap inovatif dengan coba hal-hal baru dan bikin konten kamu menarik dan informatif. Misalnya, aku selalu menerapkan 3 konsep konten untuk 1 produk, yaitu try on, review, dan tutorial sehingga audiens tidak akan bosan dan bisa mendapatkan informasi yang lengkap dari menonton video-ku," tegasnya.

3. Cerdas memanfaatkan momentum

Memanfaatkan momentum menjadi salah satu kunci untuk membuat konten yang sukses dan menarik perhatian di Shopee Video. Caranya adalah dengan selalu mengikuti tren terbaru dan cepat tanggap terhadap peristiwa atau tema yang sedang populer.

Strategi ini lah yang dilakukan oleh Nining saat bulan suci Ramadan dalam momentum Shopee Big Ramadan Sale lalu, dimana ia berhasil meraih komisi tertingginya dari Shopee Video yang melampaui angka 100 juta rupiah dalam satu bulan.

Dengan memanfaatkan momentum, Nining bilang kontenmu punya peluang lebih besar untuk dilihat oleh banyak orang. "Contohnya, aku selalu memanfaatkan momen-momen spesial yang dihadirkan Shopee seperti waktu kampanye Big Ramadan Sale lalu, dimana aku semakin rajin spill produk kecantikan dan fashion yang tentunya paling banyak dicari orang untuk melengkapi penampilan Idul Fitri. Hasilnya, aku bisa meraih komisi yang sangat besar hingga ratusan juta rupiah,” ungkap Nining.

Baca Juga: Shopee Bantu UMKM Bertransformasi dan Berdaya Saing, Tumbuh Positif Hingga Awal 2024

4. Terus tingkatkan kualitas dan eksplorasi kreativitas 

Pastikan setiap konten yang anda buat memiliki kualitas yang terbaik, mulai dari segi visual, audio, maupun informasi yang disampaikan. Selain itu, jangan takut untuk terus mengeksplorasi kreativitasmu. Cobalah format konten baru, gaya pengambilan gambar yang berbeda, atau konsep yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Kata Nining, kreativitas akan membuat kontenmu selalu fresh dan menarik. Namun, tetap jaga konsistensi dalam kuantitas, sehingga audiens mendapatkan konten berkualitas secara rutin.

Dirinya merasa masih harus terus meningkatkan kualitas kontennya. Untungnya, komisi yang didapatkan dari Shopee Video bisa membantunya untuk melengkapi alat-alat yang membantu dirinya membuat konten. Mulai dari handphone baru yang membuat kualitas video jadi lebih baik.

"Rencananya tahun ini aku mau membangun studio khusus untuk jadi tempat merencanakan, membuat, hingga edit semua konten aku kedepannya.” tutur Nining.

Baca Juga: Shopee Live Unggul Sebagai Pilihan Utama Fitur Berjualan Brand Lokal dan UMKM

Selanjutnya: Duh, Saham BRI (BBRI) Sentuh Level Terendah di Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News