AturUang

Mantan Kasir Sukses Raih Komisi Puluhan Juta Jadi Konten Kreator

Mantan Kasir Sukses Raih Komisi Puluhan Juta Jadi Konten Kreator

MOMSMONEY.ID - Menjadi sukses adalah hal yang ingin dicapai banyak orang. Termasuk Dila, mantan kasir muda asal Banten ini. Telah menjadi pekerjaan sebagai kasir di pusat perbelanjaan beberapa tahun, Dila kini mengubah nasib diri dan keluarganya dengan menjadi konten kreator di Shopee Video. Wanita kelahiran tahun 2001 ini juga tak menyangka bahwa berawal dari mencoba membuat konten berisi informasi dan rekomendasi produk beauty dan skincare, kini dirinya bisa mengubah 180 derajat kehidupan Dila dan keluarga.

Dila, Shopee Content Creator menyebut semua jerih payahnya terbayar tatkala dirinya berada di titik terlemah. Dalam perjalananku menjadi konten kreator di Shopee Video Dila hanyalah kasir dan petugas layanan di pusat perbelanjaan. 

''sedih dan lelah sering aku rasakan karena kelelahan. Penghasilan yang aku peroleh juga belum cukup untuk memenuhi kebutuhan, dan rasanya mustahil untuk lanjut kuliah bahkan memiliki mimpi besar,'' ujarnya.

Berangkat dari titik terendah ini, Dila melihat kesempatan yang tidak pernah dirinya bayangkan sebelumnya, yaitu menjadi seorang konten kreator. ''Apalagi dengan adanya fitur seperti Shopee Video, aku bisa menyalurkan kreativitas aku sambil mendapatkan keuntungan tambahan dan pemasukan yang sangat luar biasa,'' jelasnya.

Sebagai individu yang memiliki sifat pemalu dan introvert, banyak hal yang harus Dila adaptasi dalam memilih dan menjalani karir ini. Namun, tekadnya yang kuat untuk merubah ekonomi, ia akhirnya mengatasi hal tersebut dengan memberanikan diri membuat video sesuai minatnya untuk membuat konten sambil menyematkan link-link produk yang direkomendasikan.

Baca Juga: Strategi Bisnis Avoskin Kembangkan Bisnis Produk Kecantikannya

Bagai gayung bersambut, tautan produk yang Dila unggah Shopee Video tidak hanya membantu orang lain untuk menemukan produk yang tepat, tetapi juga membuka pintu untuk menghasilkan penghasilan tambahan.

Sebagai anak ke empat dari lima bersaudara, lika-liku perjalanan Dila hingga berada di titik ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sejak kecil, Dila sudah memahami bahwa penghasilan orang tuanya sebagai pelaku usaha katering rumahan terbilang sangat pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka.

Keras dan pahitnya kehidupan menjadikan Dila dan saudara kandungnya harus berjuang mandiri jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Hal ini juga menjadi salah satu alasan Dila dalam mencoba kesempatan sebagai konten kreator di Shopee Video.

Seiring berjalannya waktu, video-video yang diunggahnya di sosial media hingga Shopee Video milik Dila semakin banyak ditonton dan disukai oleh orang-orang. Bahkan, banyak yang meminta Dila untuk membagikan tautan produk yang ia rekomendasikan. Karena mayoritas barang yang dibelinya didapat melalui Shopee, Dila dengan bangga memasukkan tautan link produk dari Shopee ke dalam konten Shopee Video-nya.

Memiliki minat yang besar dalam beauty, konten yang Dila ciptakan kebanyakan berbentuk informasi dan review mendalam hingga rekomendasi produk kecantikan yang ia sendiri gunakan dan dibeli di Shopee.

Baca Juga: Mau Cuan dari Shopee? Coba 5 Tips Membuat Shopee Video agar Banyak yang Nonton

Dalam minggu pertama, postingan video Dila di Shopee Video langsung viral dan ramai ditonton oleh banyak orang. Bahkan semakin hari, akun Shopee Video milik Dila semakin besar dan followersnya juga semakin bertambah. Peningkatan trafik ini membuat akun Dila bisa terverifikasi dan mendapatkan Golden Tick sehingga akunnya lebih dipercaya oleh masyarakat.

Hal ini turut berpengaruh dalam meningkatkan jangkauan konten video nya ke lebih banyak pengguna Shopee dan mendapatkan komisi yang lebih besar, dimana Dila pernah mendapatkan komisi tertinggi hingga 44 juta dalam satu bulan.

Semua yang dirinya impikan bisa pelan-pelan menjadi kenyataan berkat kesempatan bergabung menjadi kreator di Shopee Video. Saat ini dirinya mengaku bisa membiayai kuliah sendiri sebagai mahasiswa S1 Jurusan Manajemen di Universitas Bina Bangsa Banten.

Tak hanya itu, dirinya juga bisa membantu keluarga untuk membiayai berbagai kebutuhan di rumah, dan membiayai pelatihan kerja adik di Jepang. ''Aku sangat bersyukur dengan semua pencapaianku saat ini, semua tentunya berkat doa dan dukungan keluarga. Aku juga berharap supaya aku tidak hanya memberikan dampak positif bagi keluarga, tetapi juga untuk orang lain melalui onten-kontenku,” tutur Dila.

Baca Juga: Cerita Personil JKT48 Akan Pentingnya Mid-Year Reset

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News