Santai

Tak Usah Malu, Ternyata Menangis Ada Manfaatnya Moms

Tak Usah Malu, Ternyata Menangis Ada Manfaatnya Moms

MOMSMONEY.ID - Melalui penelitian, secara ilmiah pun ternyata menangis memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat baik dari menangis.

Menangis merupakan sebuah respons alami tubuh untuk mengekspresikan emosi kesedihan atau kebahagiaan.

Tubuh manusia sendiri secara alami menghasilkan tiga jenis air mata. Yaitu, air mata yang keluar karena refleks, air mata basal, dan air mata yang keluar di karena kan emosi.

Jarang diketahui, ternyata menangis bukan hanya bisa menenangkan hati, ada manfaat lainnya juga bagi kesehatan.

Baca Juga: Ingin Mewujudkan Impian Besar? Coba Lakukan Manifestasi Pakai Cara Ini

Membantu meredakan rasa sakit

Selain membantu memberikan rasa lega, menangis juga membantu tubuh untuk meredakan macam-macam rasa sakit.

Laman Medical News Today menjelaskan, dengan menangis maka hormon oksitosin dan endorfin akan dilepaskan oleh tubuh.

Kedua hormon tersebut merupakan hormon bahagia yang bisa membantu tubuh untuk meredakan rasa sakit baik secara fisik maupun psikis. Ditambah kedua hormon itu juga mampu membuat tubuh merasa lebih tenang.

Meredakan stres

Ketika seseorang menangis dan mengeluarkan air mata, maka air mata dapat digunakan untuk meredakan stres. Air mata mengandung banyak cairan termasuk di dalamnya adalah hormon stres dan cairan lainnya.

Sehingga, menangis dapat dikatakan membantu meredakan stres yang menumpuk di tubuh. Tentu saja, hal tersebut di karena kan menangis mampu mengurai jumlah cairan di tubuh termasuk hormon stres dan cairan tubuh lainnya.

Baca Juga: 6 Arti Warna Aura dan Energinya, Apa Arti Aura Warna Hijau?

Menenangkan jiwa

Menangis tentunya memiliki manfaat yang baik untuk menenangkan jiwa. Menurut penelitian yang dilansir dari laman Health Line, menangis bisa membantu untuk mengaktifkan Parasymphatetic Nervous System (PNS).

PNS berguna dalam membantu tubuh untuk lebih merasa rileks. Selain itu, PNS juga membantu untuk mengistirahatkan tubuh dan membuatnya merasa lega. Biasanya, manfaat ini akan didapatkan ketika seseorang menangis dalam waktu yang lama.

Mengembalikan keseimbangan emosi

Emosi kesedihan maupun kebahagiaan terkadang menjadi dominan yang kemudian menyebabkan seseorang meluapkan emosinya dengan menangis. Menangis ternyata bisa membantu tubuh untuk kembali menyeimbangkan emosinya yang sempat melonjak.

Di sisi lain menangis juga bisa membantu untuk memperbaiki mood yang disebabkan karena adanya keseimbangan emosi yang dihasilkan dari menangis

Demikian beberapa manfaat baik dari menangis yang ternyata baik bagi kesehatan mental dan emosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News