Keluarga

Moms Tak Usah Ragu, Ini Loh 6 Manfaat Masuk Daycare Buat Anak-Anak

Moms Tak Usah Ragu, Ini Loh 6 Manfaat Masuk Daycare Buat Anak-Anak

MOMSMONEY.ID - Moms, tak perlu khawatir dan cemas ya, ternyata menitipkan anak-anak di daycare atau penitipan anak ada manfaatnya, loh.

Bagi para ibu yang bekerja dan punya waktu minim untuk merawat anak, tentu daycare menjadi pilihan untuk menitipkan anak-anak.

Tapi kini daycare pun menjadi pilihan bagi kebanyakan orangtua pada umumnya untuk memberikan pendidikan dini untuk anak-anak mereka.

Walau kerap menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran di awal, memilih untuk menitipkan anak di daycare punya manfaat bagi anak-anak, loh, Moms. Ini beberapa di antaranya:

Baca Juga: Rekomendasi 6 Film Animasi Populer Studio Illumination, Bukan Cuma Minions

Mengembangkan kemampuan sosial dan emosional

Dengan memasukkan anak ke daycare, kemungkinan untuk berkembang dalam segi kemampuan sosial dan emosional bisa didapatkan. Selama anak-anak di daycare, mereka harus membiasakan diri untuk bersosialisasi dengan anak-anak sebayanya.

Melansir laman Procare, sosialisasi dini memberi anak-anak kesempatan untuk mempraktekkan berbagai keterampilan kognitif dan sosial, mulai dari ekspresi diri hingga penyelesaian konflik, pemecahan masalah, dan kerja tim.

Memahami struktur dan rutinitas

Anak-anak di daycare mempelajari dasar-dasar rutinitas dan jadwal. Di mana hal itu bisa membantu mereka mengembangkan kebiasaan baik di kemudian hari.

Membiasakan diri dengan rutinitas dan aturan adalah bagian penting dari perkembangan kognitif yang bermanfaat baik bagi anak-anak saat di sekolah maupun di rumah.

Hal ini mengajarkan anak-anak untuk memenuhi harapan dan memperkuat perilaku yang baik. Lebih jauh lagi, anak-anak akan mendapatkan kepercayaan diri dan tetap teguh selama masa perubahan atau stres.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Procrastination, Dijamin Makin Produktif

Mengembangkan keterampilan bahasa dan komunikasi

Sosialisasi yang terjadi selama di daycare memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan komunikasi di usia dini.

Laman Children Central menyebutkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health America menunjukkan hasil bahwa anak-anak yang dititipkan di daycare atau penitipan anak memiliki perkembangan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak masuk daycare.

Tempat penitipan anak pun tentu juga telah melatih para profesional yang memiliki teknik untuk membantu komunikasi dan perkembangan bahasa anak, meliputi alfabet, angka, bentuk, dan warna.

Mempersiapkan diri untuk sekolah

Seorang anak tentu tak akan berdiam diri di rumah selamanya, mereka tentu akan pergi ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan. Anak-anak yang pernah bersekolah di daycare akan lebih mudah melakukan transisi ke sekolah formal.

Tempat penitipan anak bisa digunakan sebagai sarana mempersiapkan anak-anak untuk bersekolah. Nantinya mereka akan memiliki kepercayaan diri untuk menjelajah lebih jauh.

Baca Juga: Sederet Manfaat Membaca Sebelum Tidur Malam, Bisa Kurangi Stres lo

Membangun keterampilan seumur hidup

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health menemukan bahwa remaja memiliki prestasi kognitif dan akademik yang lebih tinggi jika mereka pernah masuk di daycare berkualitas tinggi.

Kualitas yang dimaksud yaitu, penitipan dengan rasio staf-anak yang lebih rendah, staf yang suportif, dan aktivitas yang meningkatkan kognitif.

Membangun kemandirian

Daycare memberi anak-anak waktu jauh dari orang tua mereka untuk mengembangkan kesukaan, ketidaksukaan, dan rasa kemandirian mereka. Anak-anak dihadapkan pada aktivitas, pengalaman baru dan berbeda yang mungkin tidak mereka dapatkan di rumah.

Dengan lingkungan belajar yang berpusat pada anak, mereka akan mendapatkan kebebasan untuk mengarahkan beragam aktivitas sendiri, mencoba hal-hal baru dan mengisi waktu mereka tanpa arahan orang dewasa.

Pengalaman menghadapi situasi baru, membuat pilihan, dan mempelajari konsekuensi perilaku, membantu anak-anak mengembangkan pengendalian diri dan kemandirian.

Itulah, Moms, beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari menitipkan anak di daycare atau tempat penitipan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News