Bugar

Catat, ya! Berikut 11 Obat Batuk Berdahak yang Alami dan Ampuh

Catat, ya! Berikut 11 Obat Batuk Berdahak yang Alami dan Ampuh

MOMSMONEY.ID - Banyak orang memilih obat batuk berdahak alami karena minim efek samping. Ini rekomendasinya.

Batuk berdahak seringkali menjadi tanda bahwa tubuh sedang berusaha membersihkan saluran pernapasan dari lendir dan iritan.

Meskipun banyak obat farmasi yang tersedia, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan obat batuk berdahak alami karena umumnya memiliki efek samping yang minimal.

Melansir dari laman Dokter Sehat, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi obat batuk berdahak alami dan ampuh yang dapat Anda coba:

1. Madu

Madu adalah obat alami untuk batuk berdahak. Anda bisa membuat minuman dari air hangat, teh, atau lemon, kemudian tambahkan dua sendok madu.

Baca Juga: Apakah Benar Bisa Mengalami Diare karena Asam Lambung Naik?

2. Jeruk nipis

Campurkan perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu untuk mengurangi rasa asamnya. Konsumsi campuran ini 2-3 kali sehari untuk membantu meredakan batuk berdahak.

3. Jahe

Dikenal karena khasiat antibakterinya, jahe efektif untuk meredakan batuk berdahak dan menghangatkan tubuh. Mengonsumsi sari jahe yang hangat sekali sehari bisa membantu. Caranya, dengan merebus irisan jahe dan kencur sampai mendidih, lalu minum airnya setelah hangat.

Baca Juga: 4 Ramuan Tradisional Penurun Demam yang Ampuh, Bisa Bikin di Rumah

4. Bawang putih mentah

Bawang putih memiliki sifat antimikroba, antivirus, dan antijamur yang kuat karena senyawa allicin. Menambahkan bawang putih mentah ke dalam makanan bisa membantu menghilangkan infeksi yang menyebabkan batuk.

5. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat bisa mengurangi rasa gatal di tenggorokan yang menyebabkan batuk. Campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam dalam 240 ml air hangat.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

6. Daun sirih

Rebus daun sirih dengan potongan jahe dan minum airnya sekali sehari untuk membantu menjaga tubuh tetap hangat dan meredakan batuk.

7. Nanas

Konsumsi nanas yang kaya akan bromelain bisa meredakan batuk dan melancarkan lendir di tenggorokan. Makan sepotong nanas atau minum 100 ml jus nanas segar tiga kali sehari.

Baca Juga: Mual karena Asam Lambung? Coba 12 Obat Tradisional untuk Asam Lambung Berikut

8. Minyak atsiri

Minyak atsiri yang mengandung senyawa antibakteri dan antivirus membantu melonggarkan lendir dan mengendurkan otot pernapasan.

9. Uap

Mandi air hangat atau menghirup uap dari mangkuk air panas dengan menambahkan herbal atau minyak esensial seperti eukaliptus atau rosemary bisa meredakan batuk berdahak.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek untuk Asam Lambung Anda, Ada 7 Manfaat Kesehatan Lainnya

10. Air hangat

Minum cairan hangat seperti kaldu bening, teh herbal, atau jus buah hangat bisa meredakan gejala batuk berdahak, pilek, dan sakit tenggorokan.

11. Minyak kayu putih

Menggunakan minyak kayu putih yang mengandung cineole, berfungsi sebagai ekspektoran untuk melonggarkan lendir, sangat membantu terutama sebelum tidur atau saat batuk sangat mengganggu.

Demikianlah rekomendasi obat batuk berdahak alami dan ampuh yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News