Bugar

7 Daftar Buah Tinggi Serat untuk Melancarkan BAB, Cek Ada Apa Saja

7 Daftar Buah Tinggi Serat untuk Melancarkan BAB, Cek Ada Apa Saja

MOMSMONEY.ID - Serat merupakan komponen penting, terutama untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB). Lantas, apa saja daftar buah tinggi serat untuk melancarkan BAB?

Momsmoney telah merangkumkan tujuh buah tinggi serat untuk melancarkan BAB sebagai berikut, merangkum dari laman Healthline dan Medical News Today:

1. Apel

Sebuah apel sedang dengan kulitnya, sekitar 200 gram, mengandung 4,8 gram serat. Apel juga mengandung pektin, yang telah terbukti meningkatkan frekuensi buang air besar, mengurangi kekerasan dan durasi tinja, serta mengurangi kebutuhan akan obat pencahar.

Baca Juga: Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol yang Dapat Anda Coba

2. Pir

Buah pir berukuran sedang (178 gram) menyediakan 5,5 gram serat. Kandungan sorbitol dan fruktosa di dalam pir bertindak sebagai pencahar ringan.

Fruktosa yang berlebih dapat menarik air ke dalam usus dan membantu proses buang air besar. Efektivitas pir ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk konfirmasi.

3. Prune (Prem Kering)

Seperempat cangkir (40 gram) prune mengandung hampir 3 gram serat, yang meningkatkan volume tinja. Serat dalam prune juga menahan air dan menghasilkan asam lemak yang berkontribusi pada peningkatan berat tinja.

Sorbitol, gula alkohol dalam prune, dapat memiliki efek pencahar bagi sebagian orang.

Baca Juga: 7 Khasiat Pare untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol lo

4. Kiwi

Satu buah kiwi (75 gram) mengandung sekitar 2,3 gram serat. Kiwi dikenal membantu mengurangi sembelit dengan meningkatkan konsistensi tinja dan mengurangi durasi, sakit perut, dan ketidaknyamanan. Efek ini ada karena terdapat enzim actinidin yang berperan positif terhadap motilitas usus.

5. Buah Ara

Setengah cangkir (50 gram) buah ara kering menyediakan 7,3 gram serat. Konsumsi buah ara secara teratur dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar dan mengurangi ketidaknyamanan perut seperti nyeri atau kembung.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Asam Lambung, Simak Rekomendasi Gerakannya

6. Jeruk

Satu buah jeruk (154 gram) mengandung 3,7 gram serat, sedangkan satu buah jeruk bali (308 gram) menyediakan hampir 5 gram serat.

Pektin dan flavanol seperti naringenin dalam kulit jeruk dapat membantu mengurangi sembelit. Meskipun penelitian pada tikus menunjukkan efek pencahar, studi lebih lanjut pada manusia diperlukan.

7. Blackberry dan raspberry

Blackberry dan rasberry sangat kaya akan serat serta air. Keduanya bermanfaat dalam mengurangi sembelit. Mengonsumsi satu atau dua genggam blackberry atau raspberry yang sudah dicuci setiap hari bisa sangat membantu melancarkan BAB.

Nah, itulah rekomendasi buah tinggi serat untuk melancarkan BAB yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News