Bugar

10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah

10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah

MOMSMONEY.ID - Semangka sarat dengan berbagai manfaat kesehatan. Buah satu ini menyediakan sejumlah nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apa saja sih manfaat semangka untuk kesehatan?

Berikut MomsMoney rangkumkan beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Melansir dari Healthline, semangka membantu dalam transformasi citrulline menjadi arginin di dalam tubuh. Kedua asam amino ini memainkan peran penting dalam produksi nitrat oksida, yang berkontribusi pada penurunan tekanan darah. Semangka atau jusnya telah terbukti mengurangi tekanan darah dan kekakuan arteri pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Yoga untuk Mengatasi Stres, Simak Rekomendasi Pose dan Tips Melakukannya

2. Mengurangi Resistensi Insulin

Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh menjadi kurang responsif terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah. Kondisi ini dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Penelitian menunjukkan bahwa jus semangka dan asupan arginin dapat berkontribusi pada penurunan resistensi insulin.

3. Membantu Hidrasi

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, kram otot, dan sakit kepala. Dengan kandungan air sebesar 92%, semangka membantu menjaga hidrasi tubuh.

Konsumsi semangka yang ditaburi sedikit garam setelah olahraga dapat mengisi kembali elektrolit dan karbohidrat. Hal ini sangat berguna untuk memulihkan energi dan mengatasi haus.

Baca Juga: 9 Manfaat Pilates untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Stres

4. Mempertahankan Berat Badan Sehat

Semangka rendah kalori dan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Melansir Cleveland Clinic, studi tahun 2019 menunjukkan bahwa mengganti camilan manis berkalori tinggi dengan semangka dapat menurunkan keinginan makan, serta menurunkan berat badan, BMI, dan rasio lingkar pinggang.

5. Perlindungan terhadap Penyakit

Mengonsumsi semangka secara rutin mungkin menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Ini karena kandungan antioksidan seperti likopen yang melindungi sel dari kerusakan dan peradangan.

Baca Juga: Untuk Menurunkan Berat Badan, Lebih Bagus Berjalan atau Berlari?

6. Menyehatkan Mata

Antioksidan dalam semangka dapat membantu mencegah atau menunda pembentukan katarak dan mengurangi risiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Vitamin A di dalam semangka juga mendukung kesehatan kornea.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C yang berlimpah dalam semangka mendukung sistem kekebalan yang memerangi infeksi dan dapat menurunkan risiko kanker.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Ini 9 Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak

8. Merelaksasi Otot

Citrulline dalam semangka membantu produksi nitrat oksida yang meningkatkan aliran darah dan fungsi otot, serta mengurangi amonia dan laktat yang dapat menyebabkan nyeri otot setelah berolahraga.

9. Menyehatkan Kulit

Vitamin C membantu produksi kolagen yang vital untuk kekuatan dan elastisitas kulit. Vitamin A dari beta-karoten dalam semangka mendukung perbaikan sel-sel kulit dan mencegah kulit kering.

Baca Juga: Ketahui 11 Cara Terbaik Mencegah Diabetes, Terapkan Sejak Sekarang!

10. Memperbaiki Pencernaan

Polifenol dalam semangka membantu mikrobiota usus yang baik, memudahkan pencernaan, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan serta efisiensi usus dalam memproduksi nutrisi esensial.

Nah, itulah beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News