Bugar

Simak Ciri-Ciri dan Cara Merawat Kulit Sensitif dengan Benar

Simak Ciri-Ciri dan Cara Merawat Kulit Sensitif dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Tidak sulit merawatnya, inilah ciri-ciri dan cara merawat kulit sensitif dengan benar. Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang memiliki reaksi berlebihan terhadap berbagai hal, mulai dari udara, lingkungan, hingga bahan atau zat tertentu dalam produk perawatan kulit.

Munculnya kulit sensitif bisa menurunkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, berikut penjelasannya di bawah ini dilansir dari aveeno.co.id, yaitu: 

Baca Juga: Sinopsis Film Anyone But You, Film Romcom Baru Sydney Sweeney

1. Kulit Kering dan Mengelupas

Ciri pertama kulit sensitif adalah kulit kering dan mengelupas. Beberapa pemilik kulit sensitif mungkin akan mengalami kondisi kulit kering hingga ekstra kering.

Hal ini kemungkinan dapat terjadi jika kulit memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Tak jarang, kulit kering ini juga disertai dengan pengelupasan.

Ciri-ciri ini biasanya dapat terjadi akibat paparan angin / suhu yang panas pada kulit.

2. Kulit Terasa Gatal dan Sensasi Tertarik

Selanjutnya, kulit terasa gatal dan sensasi tertarik. Hal ini dapat dirasakan apabila Anda menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu keras bagi kulit Anda.

Selain itu, faktor udara juga dapat menjadi salah satu penyebab dari adanya kondisi gatal dan sensasi kulit tertarik.

3. Ruam dan Jerawat pada Kulit

Ciri kulit sensitif lainnya adalah ruam dan jerawat pada kulit. Kulit yang sensitif juga biasanya memiliki bintik, tekstur kasar, bersisik, ruam, dan jerawat pada kulit.

Hal ini dapat terjadi karena adanya pertahanan kulit atau skin barrier yang lemah dan penggunaan produk yang tidak cocok pada kulit.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Ibu yang Bahagia dalam Keluarga

Setelah Anda tahu ciri-ciri kulit sensitif. Segera untuk merawat kulit sensitif jika Anda sedang mengalami permasalahan kulit ini. Anda bisa melakukannya di rumah, berikut cara merawat kulit sensitif dengan tepat, yaitu : 

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Cara pertama adalah dengan menjaga kelembaban kulit. Kulit sensitif biasanya lebih rentan terhadap kondisi kulit kering dan pecah-pecah.

Oleh karena itu, Anda perlu mencegahnya dengan rutin menggunakan pelembab setelah mandi, terutama pada area-area yang lebih rentan kering pada tubuh seperti siku, lutut, dan area berlipat lainnya.

2. Hindari Kebiasaan untuk Mengganti Produk Terlalu Sering

Berikutnya, Anda perlu menghindari kebiasaan untuk mengganti produk terlalu sering. Pemilik kulit sensitif disarankan agar tidak sering bergonta-ganti produk perawatan tubuh karena hal ini dapat merusak pertahanan kulit / skin barrier.

Maka dari itu, sebaiknya pemilik kulit sensitif menggunakan produk baru hanya pada satu area tertentu di tubuh untuk menguji keamanan & kecocokan produk, misalnya punggung lengan.

Jika tidak ada reaksi negatif pada kulit, Anda bisa menggunakan produk tersebut pada seluruh tubuh Anda.

3. Memilih Produk yang Lembut untuk Kulit

Terakhir, Anda dapat memilih produk yang lembut untuk kulit. Kulit sensitif tentunya memiliki kondisi yang lebih rapuh dibanding jenis kulit lain.

Oleh sebab itu, Anda perlu memilih produk dengan bahan yang lebih lembut, lebih sedikit bahan kimia, dan tidak memiliki wewangian (no added fragrance).

Hal ini dapat Anda temukan pada produk dengan bahan alami dan produk yang telah teruji klinis cocok untuk kulit sensitif.

Jadi, itulah ciri-ciri dan cara merawat kulit sensitif dengan benar. Cobain perawatan kulit sensitif ini di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News