Santai

5 Tips Menjadi Ibu yang Bahagia dalam Keluarga

5 Tips Menjadi Ibu yang Bahagia dalam Keluarga

MOMSMONEY.ID - Walau sulit, ada, lo, beberapa tips dan cara mudah untuk menjadi ibu yang bahagia.

Menjadi ibu yang bahagia bukanlah perkara yang mudah. Apalagi ditambah dengan kewajiban lain yang harus dipenuhi selain mengurus anak.

Maka dari itu menjadi ibu juga rawan mengalami stres jika tidak dilakukan dengan cara bahagia dan sehat.

Nah, beberapa cara ini bisa digunakan untuk menjadi ibu yang bahagia.

Baca Juga: Disebut Boundaries, Ini 6 Jenis Batasan Diri Sehat Termasuk Batasan Seksual

Jadi diri sendiri

Rasa stres dan tekanan biasa muncul pada ibu yang berusaha memiliki standar tinggi pada pola asuhnya. Banyak juga kehidupan public figure ibu atau bintang di layar kaca yang membuat para ibu membandingkan diri dan kemudian merasa tidak menjadi ibu yang baik.

Cobalah untuk tidak menjadi versi ibu yang baik dari kehidupan orang lain. Gunakanlah pikiran dan cara Anda sendiri untuk menjadi ibu terbaik bagi keluarga menurut versi Anda.

Atur rutinitas menenangkan

Memiliki rutinitas yang tenang, nyaman, dan tidak terburu-buru bisa menjadi cara untuk menciptakan sosok ibu yang bahagia. Setelah melakukan tugas ibu di pagi hari yang padat, selang kan waktu untuk melakukan kegiatan yang menenangkan diri sendiri.

Seperti berjalan di taman, membaca buku, berolah raga, meditasi, atau menulis jurnal. Ketenangan menurut laman Woman’s Day bisa membantu ibu untuk menenangkan pikiran yang bisa me-refresh pikiran dan mental.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Tentang Perjuangan Ibu Ini Bisa Ditonton Saat Hari Ibu

Bangun lingkungan sehat

Penting bagi ibu atau orang tua untuk membangun lingkungan yang sehat dalam keluarga. Suportif, mau bekerja sama, dan saling membantu bisa diterapkan dalam pola asuh keluarga sejak dini.

Jika ibu berada di lingkungan atau komunitas yang sehat, maka potensi untuk terserang stres dan burnout pun bisa dihindari. Sebab ikatan yang sehat antara ibu dan keluarga bisa menjadi dukungan yang kuat bagi seorang ibu.

Atur waktu

Salah satu kesulitan yang harus dihadapi seorang ibu adalah mengatur waktu. Menurut penelitian dari University of Minnesota pada laman Forbes, dari 12.000 orang tua, ibu adalah sosok yang paling sering tersita waktunya dibanding ayah.

Di mana hal tersebut bisa memicu kelelahan, stres, dan akhirnya burnout. Laman Forbes pun juga menyarankan agar tidak melakukan semua tugas ibu seorang diri saat merasa kewalahan.

Bagi pekerjaan rumah

Baik dengan suami maupun anak-anak, cobalah untuk membagi pekerjaan rumah agar tidak kewalahan menanganinya seorang diri.

Pekerjaan rumah yang ringan seperti membersihkan mainan, membersihkan sampah yang berserakan, dan membersihkan kamar bisa ditugaskan pada anak-anak.

Sedangkan pekerjaan rumah yang dirasa berat bisa dilakukan bersama suami. Dengan begitu, risiko stres, tekanan diri, dan burnout pun bisa terhindarkan. Akhirnya ibu yang bahagia pun bisa muncul di tengah keluarga yang sehat.

Nah, itulah tadi beberapa tips agar bisa menjadi ibu yang bahagia dalam keluarga. Coba terapkan dalam keseharian, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News