InvesYuk

Sempat Pecah Rekor, Harga Emas Dunia Berbalik Naik pada Pekan Ini

Sempat Pecah Rekor, Harga Emas Dunia Berbalik Naik pada Pekan Ini

MOMSMONEY.ID - Meski diwarnai fluktuasi, harga emas dunia berbalik menguat pekan ini. Di sesi kemarin, harga emas spot pada perdagangan intraday bahkan sempat memperbarui rekor tertinggi sepanjang masa alias all time high, sebelum ditutup lebih rendah.

Mengutip Bloomberg, Kamis (22/3), harga emas spot memecah rekor di level US$ 2.220,89 per troi ons, meski menutup perdagangan di level US$ 2.181,33 per troi ons.

Adapun hari ini (23/3), harga emas spot sedikit melandai ke US$ 2.167,35 per troi ons hingga pukul 15.44 WIB. Toh, sepekan ini, emas masih menorehkan akumulasi kenaikan sebesar 0,53%.

Harga emas bergerak liar karena pasar merespons data ekonomi AS dan keputusan Federal Reserves terkait suku bunga. Logam mulia mencapai puncak ketika petinggi bank sentral AS pada Rabu, mengisyaratkan berada pada jalur untuk penurunan suku bunga sebesar tiga kali atau 75 basis poin di tahun ini. Suku bunga yang lebih rendah pada aset lainnya memberikan daya tarik untuk mengoleksi emas, yang tidak memberikan imbal hasil.

Hanya, kegembiraan itu memudar gara-gara penguatan dollar AS. Mata uang the greenback lebih perkasa setelah rilis data ekonomi AS yang optimistis. Data perumahan, manufaktur dan pasar tenaga kerja di negara Uncle Sam yang dirilis pada Kamis, menunjukkan perekonomian yang tangguh, sehingga muncul argumen bahwa Fed mungkin terpaksa mundur dari perkiraan penurunan suku bunganya.

Baca Juga: Harga Emas Spot Bergerak Sideways, Pelaku Pasar Masih Menanti Pengumuman The Fed

Tim Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) dalam Gold Daily Newsletter, Jumat, memperkirakan resistance terdekat emas saat ini beralih ke area US$ 2.190, dengan support di area US$ 2.174 per troi ons. 

Adapun support terjauhnya berada di area US$ 2.140 hingga US$ 2.080. Sedangkan resistance terjauhnya di area US$ 2.200 hingga US$ 2.220 per troi ons.

Di dalam negeri, harga emas Antam hari ini melorot cukup tajam. Mengutip logammulia.com, Jumat (22/3), emas Antam pecahan 1 gram dibanderol seharga Rp 1,211 juta, turun Rp 8.000 dari sesi sebelumnya. Meski begitu, selama lima hari terakhir, harga logam mulia ini masih menguat Rp 18.000.

Dus, harga beli kembali alias buyback emas Antam pada hari ini ikut melorot Rp 8.000 ke level Rp 1,103 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam.

Harga emas Antam besok berpotensi berbalik naik, kalau harga emas dunia berhasil ditutup menguat pada sesi perdagangan Jumat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News