InvesYuk

Harga Emas Dunia Mendekati Rekor Tertinggi, Emas Antam Cetak All Time High

Harga Emas Dunia Mendekati Rekor Tertinggi, Emas Antam Cetak All Time High

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia hingga siang ini masih bergerak mendekati rekor harga tertinggi sepanjang masa.

Menurut data Bloomberg, Selasa (5/3) pukul 11.41 WIB, harga emas spot dibanderol US$ 2.114,80 per troi ons. Harga emas hari ini naik tipis dari level penutupan kemarin yang seharga US$ 2.114,48 per troi ons.

Pada Senin, harga emas spot ditutup naik tajam 1,5% dan pada perdagangan intraday sempat menyentuh US$ 2.115,92 per troi ons. Sedikit lagi harga emas dunia menyamai rekor harga tertinggi sepanjang masa US$ 2.135,39 per troi ons, yang diukir pada 4 Desember tahun lalu.

Mengutip Bloomberg, Selasa (5/3), harga emas dunia mendekati rekor karena indikasi Federal Reserve (Fed)  semakin dekat untuk menurunkan suku bunga. Meskipun kapan waktu pasti Fed melakukan pivot atau menurunkan suku bunga belum jelas, namun tanda-tanda menuju ke arah sana, semakin dekat. Inilah yang mendukung harga emas dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Bertahan di Dekat Level Tertinggi Tahun Ini

Pasar swap menunjukkan peluang hampir 60% penurunan suku bunga pada Juni ini. Suku bunga yang lebih rendah berdampak positif bagi emas, yang tidak menghasilkan imbal hasil atau bunga.

Harga emas juga disinyalir mendapat dukungan kenaikan dari meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan serangan terhadap pengiriman di Laut Merah, dan pemilihan presiden di AS yang akan digelar akhir tahun ini. Mahkamah Agung AS mengatakan Donald Trump dapat mengikuti pilpres tahun ini, dan mengakhiri upaya untuk melarangnya.

Tim Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange dalam Gold Daily Newsletter, Selasa (5/3), memperkirakan harga emas meningkat dengan resistance terdekat berada di area US$ 2.120 per troi ons. Sedangkan, level support saat ini beralih ke area US$ 2.080 per troi ons.

Support terjauhnya berada di area US$ 2.055 hingga US$ 2.000, sementara resistance terjauhnya di area US$ 2.135 hingga US$ 2.146 per troi ons.

Baca Juga: Bitcoin Merapat ke Rekor Tertinggi, Intraday Harganya Sentuh US$ 68.770

Mengekor lompatan harga emas dunia kemarin, harga emas di dalam negeri hari ini ikut menanjak.

Mengutip logammmulia.com, harga emas Antam pecahan 1 gram naik Rp 15.000 menjadi Rp 1,179 juta. Ini rekor harga tertingginya sepanjang masa (all time high).

Sementara, harga beli kembali alias buyback emas Antam masih stabil di level Rp 1,072 juta per gram. Ini adalan acuan harga apabila Moms menjual emas Antam hari ini.

Harga emas Antam berpeluang melanjutkan kenaikannya, apabila harga emas dunia menutup hari ini di harga lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News