InvesYuk

Harga Emas Dunia Menempel Dekat All Time High, Emas Antam Perpanjang Rekor

Harga Emas Dunia Menempel Dekat All Time High, Emas Antam Perpanjang Rekor

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia hari ini menempel di dekat rekor tertingginya alias all time high. Spekulasi mengenai waktu perubahan kebijakan suku bunga Federal Reserves (Fed), risiko geopolitik dan pembelian oleh makro fund menjaga momentum kenaikan harga logam mulia.

Mengutip Bloomberg, Jumat Pukul 11.06 WIB, harga emas spot diperdagangkan di US$ 2.157,19 per troi ons, turun tipis sekitar US$ 2 dari penutupan sesi sebelumnya. 

Kemarin, harga emas dunia mengukir rekor tertinggi sepanjang sejarah di US$ 2.164,78, sebelum ditutup di level US$ 2.159,98 per troi ons. Dalam enam sesi terakhir, harga emas telah melompat 6%.

Analis JPMorgan Chase & Co., Gregory Shearer, sebagaimana dilansir Bloomberg, Jumat (8/3),  menilai lonjakan harga emas mengejutkan dalm hal intensitasnya, dan melampaui sinyal dari pasar valuta asing dan pasar suku bunga. Arus masuk yang mendorong kenaikan harga emas minggu ini terlihat lebih bersifat finansial ketimbang pembelian fisik.

Sejatinya, dalam seminggu terakhir, belum ada perubahan signifikan mengenai prospek kapan Fed akan mulai memangkas suku bunga. Hanya, Ketua Fed Jerome Powell mengungkapkan bahwa bank sentral semakin dekat denga  keyakinan yang dibutuhkan untuk mulai menurunkan suku bunga. "Kami menunggu untuk menjadi lebih yakin bahwa inflasi bergerak berkelanjutan menuju target 2%," kata Powell menjawab pertanyaan Komite Perbankan Senat, Kamis.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Stabil Pasca-Sentuh All Time High, Emas Antam Perbarui Rekor

Reli harga emas juga didorong ketegangan geoplitik. Tiga pelaut tewas oleh serangan rudal Houthi pada sebuah kapal di Teluk Aden pada Rabu lalu. Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah megangkat peran emas sebagai aset safe haven.

Di samping itu, data teranyar di bursa Comex-AS juga menunjukkan manajer keuangan menambah posisi beli. Ini pertanda investor akhirnya menjadi lebih bullish terhadap emas.

Alhasil, harga emas di dalam negeri merespons harga emas dunia, dengan terus memperbarui rekor tertingginya. 

Mengutip logammulia.com, hari ini,emas Antam pecahan 1 gram memperpanjang rekor all time high dengan dibanderol seharga Rp 1,204 juta. Harganya naik Rp 5.000 dibandingkan sesi kemarin.

Dus, harga beli kembali atawa buyback emas Antam akhirnya mengekor naik Rp 5.000, hari ini. Harga buyback emas Antam dipatok Rp 1,097 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News