InvesYuk

Harga Emas Dunia Menguji Naik Sore Ini, Inflasi Amerika Ditaksir Dekati Target

Harga Emas Dunia Menguji Naik Sore Ini, Inflasi Amerika Ditaksir Dekati Target

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia mencoba bangkit pada Selasa (13/2) sore, setelah tertekan di perdagangan pagi. Pelaku pasar mengantisipasi data inflasi Amerika Serikat yang akan dirilis malam ini.

Menurut data Bloomberg, hingga pukul 15.50 WIB, emas spot dibanderol seharga US$ 2.026 per troi ons, naik senilai US$ 5,95 atau setara 0,3% dibandingkan harga penutupan kemarin.

Penguatan harga sore ini membuat akumulasi penurunan harga emas dunia di sepanjang tahun ini menipis menjadi hanya 1,70%.

Melansir Bloomberg, Selasa (13/2), emas lebih stabil jelang rilis data inflasi tahunan pada Januari, yang diperkirakan turun di bawah 3%. Jika sesuai prediksi, maka ini pertama kalinya inflasi di bawah 3% sejak Maret 2021 silam. Sehingga meningkatkan optimisme bahwa The Fed akan dapat segera melonggarkan kebijakan moneternya. Nah, suku bunga yang lebih rendah biasanya berdampak positif bagi emas, yang tidak membagikan imbal hasil.

Sedangkan, mengutip riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX), pelaku pasar memperkirakan tingkat inflasi tahunan AS akan melandai dari 3,4% pada Desember menjadi 3,0% pada Januari. Adapun inflasi inti akan menurun dari 3,9% menjadi 3,8%. Inflasi yang kaku dapat memaksa The Fed untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama.

Pada pertemuan sebelumnya pembuat kebijakan The Fed telah mempertahankan argumen yang mendukung kenaikan suku bunga lebih lama sampai mereka mendapatkan keyakinan bahwa inflasi akan secara berkelanjutan kembali ke target 2%. Pasalnya, pasar tenaga kerja di AS cukup tangguh dan belanja rumah tangga yang kuat.

Baca Juga: Harga Emas Spot Belum Naik Lagi, Masih Menanti Data Inflasi AS

Tim riset ICDX memperkirakan,  support harga emas dunia saat ini beralih ke area US$ 2.010, dengan potensi resistance terdekat berada di area US$ 2.037 per troi ons.

Di dalam negeri, hari ini, harga emas fisik besutan PT Antam Tbk atawa emas Antam diperdagangakan lebih murah. Mengutip data logammulia.com, hari ini, harga emas Antam pecahan 1 gram turun Rp 6.000 menjadi Rp 1,129 juta. Wajar, kemarin, harga emas dunia sebagai patokan, memang ditutup turun cukup dalam hingga menyentuh US$ 2.020 per troi ons.

Lantaran harga emas Antam turun hari ini, maka harganya telah melorot senilai Rp 15.000 pada tahun ini berjalan.

Dus, harga beli kembali atawa buyback mengekor turun senilai Rp 16.000 pada tahun ini. Harga buyback emas Antam dipatok Rp 1,024 juta per gram. Ini adalan patokan harga apabila Moms menjual emas Antam, hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News