Keluarga

Selain Bagus untuk Pencernaan, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Yogurt Setiap Hari

Selain Bagus untuk Pencernaan, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Yogurt Setiap Hari

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh di sini.

Yogurt adalah olahan susu yang dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus dengan atau tanpa tambahan bakteri asam laktat lainnya.

Kaya nutrisi seperti protein, kalsium, dan probiotik, yogurt telah lama dikaitkan dengan kekuatan tulang, kesehatan usus, dan pengelolaan berat badan.

Bahkan, yogurt telah terbukti memperbaiki faktor risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan risiko diabetes, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terutama jika dikonsumsi setiap hari.

Selengkapnya, berikut 5 manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh sebagaimana dilansir dari Eat This, Not That!

Baca Juga: Sedang Cemas? Ini 4 Minuman Terbaik untuk Mengatasi Kecemasan

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu menurunkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa yogurt baik untuk jantung serta dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension menemukan bahwa konsumsi produk susu yang lebih tinggi terutama yogurt berhubungan dengan lebih sedikit kasus tekanan darah tinggi pada orang dewasa.

Secara khusus, mengonsumsi lebih banyak yogurt dan mengikuti "Dash Diet" adalah kombinasi yang dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi 30% lebih rendah. Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti yogurt juga dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh yang kedua yaitu menurunkan kolesterol jahat.

Selain berpotensi menurunkan tekanan darah, yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu mengelola kadar kolesterol darah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Sciences mengamati efek yogurt probiotik pada partisipan penderita diabetes tipe 2. Hasilnya, konsumsi harian yogurt dikaitkan dengan rendahnya LDL (kolesterol jahat) dan kolesterol total.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yogurt mengandung probiotik yang membuat usus lebih sehat. Karena salah satu peran usus adalah mengatur fungsi kekebalan tubuh, maka mengonsumsi yogurt setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Probiotik telah terbukti mendorong sintesis antibodi alami serta sel kekebalan seperti limfosit dan sel T pembunuh (sitotoksik), yang dapat melawan virus dan racun yang menyerang tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Serum Vitamin C di Pagi Hari, Kulit Halus dan Kencang

4. Membuat perut kenyang lebih lama

Manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh yang keempat yaitu membuat perut kenyang lebih lama.

Yogurt terutama Greek yogurt sangat bagus untuk memberikan tambahan protein dengan kadar gula dan lemak yang rendah.

Karena protein dapat membantu Anda tetap kenyang dengan mengurangi hormon rasa lapar dan meminimalkan nafsu makan, maka mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti yogurt bisa menjadi pilihan ideal untuk menunjang program penurunan berat badan.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh yang kelima yaitu meningkatkan kesehatan mental.

Probiotik tidak hanya berdampak positif terhadap kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara usus dan otak. Dan, beberapa penelitian menemukan bahwa probiotik dapat memperbaiki kecemasan, depresi, stres, suasana hati, maupun memori.

Meskipun Anda mungkin tidak menyadari efek tersebut setelah mengonsumsi satu porsi yogurt, namun jika Anda mengonsumsinya secara teratur, Anda pasti akan merasakan perbedaannya seiring berjalannya waktu.

Itulah 5 manfaat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal, pastikan Anda memilih yogurt tanpa tambahan gula (plain). Apabila Anda menginginkan yogurt dengan cita rasa manis, cukup tambahkan buah-buahan segar atau sedikit madu ke dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News