Keluarga

Sedang Cemas? Ini 4 Minuman Terbaik untuk Mengatasi Kecemasan

Sedang Cemas? Ini 4 Minuman Terbaik untuk Mengatasi Kecemasan

MOMSMONEY.ID - Simak 4 minuman terbaik untuk mengatasi kecemasan yang layak Anda coba.

Stres dan kecemasan adalah bagian normal dari kehidupan. Namun, jika Anda memiliki gangguan kecemasan, perasaan lelah tersebut tidak akan hilang begitu saja.

Justru, seiring waktu, kecemasan dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari.

Pengobatan dan terapi adalah alat utama untuk mengatasi kecemasan. Namun, pola makan juga cukup berperan dalam mendukung suasana hati.

Selain makanan, hidrasi serta minuman yang Anda minum pun dapat berdampak nyata pada tingkat kecemasan Anda loh, Moms. Jadi, pastikan Anda minum minuman yang tepat tatkala kecemasan melanda ya.

Melansir EatingWell, ada 4 minuman terbaik untuk mengatasi kecemasan. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Kenapa Penyakit Autoimun Sering Menyerang Wanita? Inilah Faktanya!

1. Teh chamomile

Teh Chamomile

Minuman terbaik untuk mengatasi kecemasan yang pertama adalah teh chamomile.

Selain dapat membantu mengatasi insomnia, efek menenangkan yang dimiliki teh chamomile juga dapat meredakan kecemasan.

Teh chamomile bermanfaat untuk mengatasi kecemasan karena mengandung bahan aktif bernama apigenin. Apigenin sendiri merupakan senyawa flavonoid yang terbukti memiliki efek anti-cemas.

Menurut beberapa penelitian, ekstrak chamomile dilaporkan mampu meredakan kecemasan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit. Namun, disarankan untuk mengonsumsi chamomile dalam bentuk teh karena dianggap lebih aman dibandingkan bentuk lainnya seperti ekstrak.

2. Jus buah murni

Jus buah

Minuman terbaik untuk mengatasi kecemasan yang kedua adalah jus buah murni.

Kecemasan dan depresi telah dikaitkan dengan rendahnya kadar antioksidan dalam tubuh. Saat tingkat antioksidan dalam tubuh lebih rendah, maka tingkat stres oksidatif dan peradangan pun cenderung lebih tinggi. Akibatnya, Anda akan lebih rentan terhadap kecemasan.

Untuk membantu mengatasi kecemasan sekaligus meningkatkan suasana hati, cobalah minum segelas jus buah murni. Tak hanya menyegarkan, jus buah murni juga kaya akan antioksidan.

Menurut data yang dikumpulkan dari lebih dari 62.000 orang dewasa tentang kesehatan mental dan pola makan, ditemukan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi 100% jus buah melaporkan lebih sedikit perasaan cemas dibandingkan mereka yang tidak minum jus buah.

Baca Juga: 5 Tips Agar Lipstik Tahan Lama, Pasti Awet Seharian

3. Teh hijau

Teh hijau

Minuman terbaik untuk mengatasi kecemasan yang ketiga adalah teh hijau.

Teh hijau adalah minuman populer yang dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan, memperbaiki gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kecemasan yang lebih rendah juga merupakan manfaat lain yang ditawarkan teh hijau. Ini karena teh hijau kaya akan asam amino spesifik bernama L-theanine yang dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik dan gejala kecemasan yang lebih rendah.

Sebuah ulasan menemukan bahwa menambahkan 200 hingga 400 miligram L-theanine dapat mengurangi kecemasan dan stres secara signifikan. Di sisi lain, ada penelitian kecil yang melaporkan bahwa orang-orang mengalami peningkatan yang lebih besar dalam kualitas tidur, depresi, dan kecemasan ketika mereka mengonsumsi 200 miligram L-theanine setiap hari selama empat minggu dibandingkan kelompok plasebo.

Meskipun penelitian tentang L-theanine terdengar menjanjikan, satu hal yang perlu diperhatikan tentang penelitian ini adalah bahwa jumlah L-theanine yang disertakan dalam suplemen jauh lebih tinggi dibandingkan dengan secangkir teh hijau.

4. Air putih

Minum air putih

Minuman terbaik untuk mengatasi kecemasan yang keempat adalah air putih.

Minum segelas air putih mampu membuat darah tetap mengalir ke seluruh tubuh, yang mana ini penting untuk mengantarkan nutrisi dan sumber energi ke otak.

Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan depresi dan kecemasan cenderung dialami oleh orang yang minum lebih sedikit air. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun air terbukti dapat memengaruhi kadar norepinefrin (suatu neurotransmitter yang berperan dalam reaksi tubuh kita terhadap stres).

Selain itu, penurunan tingkat hidrasi meskipun hanya 1% telah terbukti cukup untuk memicu emosi negatif seperti kemarahan, permusuhan, depresi, dan ketegangan.

Itulah 4 minuman terbaik untuk mengatasi kecemasan yang layak Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News