Bugar

Begini Lo Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami!

Begini Lo Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami!

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara cepat menurunkan gula darah secara alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah!

Kadar gula darah yang tinggi berarti ada gangguan dalam tubuh Anda. Nah kadar gula darah yang tinggi setiap orang ukurannya berbeda tergantung pada usia. 

Melansir Halodoc, bagi anak berusia di bawah 6 tahun kadar gula darah termasuk tinggi berada di angka lebih dari 200 mg/dL. Untuk uia 6 sampai 12 tahun kadar gula darah tinggi jika lebih dari 180 mg/dL. 

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Degeneratif? Pahami Artinya dan Kenali Jenisnya!

Adapun di usia 13-19 tahun, kadar gula darah tinggi bila di atas 150 mg/dL. Sedangkan di atas usia 20 tahun kadar gula darah tinggi bila di atas 180 mg/dL dan kadar gula darah tinggi bagi lansia jika 130 mg/dL sebelum makan atau 180 mg/dL. 

Namun sayangnya seseorang baru menyadari kadar gula darahnya tinggi jika sudah mencapai kadar 250 mg/dL. Lalu jika kadar gula darah tinggi, bagaimana cara cepat menurunkannya secara alami? 

Mengonsumsi bawang putih secara langsung
Melansir Dinas Kesehatan Semarang, cara cepat menurunkan gula darah tinggi adalah mengonsumsi bawang putih secara langsung. Minimal konsumsi tiga siung bawang putih sekali makan. 

Bawang putih bisa secara alami menurunkan kadar gula darah karena mengandung zat sulfoxide. Kangdungan ini bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Bawang putih juga mengandung allicin dan allyl propyl disulfide yang menghambat penghentian insulin di hati. 

Minum ramuan daun kemangi
Cara alami selanjutnya menurunkan kadar gula darah tinggi adalah meminum air rebusan daun kemangi. Tumbuhan yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan sekresi insulin dan jika diminum secara teratur bisa menurunkan gula darah secara cepat. 

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami yang Ampuh Dijadikan Alternatif

Banyak minum air putih
Melansir Alodokter, air putih juga bisa membantu menurunkan gula darah secara cepat dan alami. Minum air putih secara teratur bisa bisa membantu ginjal mengeluarkan gula darah yang berlebih lewat urine. 

Jaga pola makan
Melansir Hellosehat, saat makan sebaiknya pilih sumber protein dari makanan yang mengandung kalori, lemak jenuh, lemak trans, gula dan garam yang rendah. Utamakan konsumsi makanan yang kaya serat seperti gandum dan nasi yang rendah glikemik. 

Selain itu pilih makan buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak. Utamakan minum air putih, dan usahakan karbohirat hanya mengisi 1/4 piring, protein 1/4 piring dan sayuran serta buah mengisi 1/2 piring.

Selain itu jangan lupa untuk mengelola stres, istirahat yang cukup dan rutin olahraga. Demikian cara cepat dan alami menurunkan kadar gula darah yang tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News