Bugar

Seberapa Efektif Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes? Cek Ulasannya di Sini

Seberapa Efektif Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes? Cek Ulasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Di kalangan pengobatan tradisional, kersen sering digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai kondisi, termasuk diabetes. Namun, seberapa efektifkah manfaat daun kersen untuk diabetes? Momsmoney akan mengulasnya di sini. Simak sampai akhir, ya.

Buah dan daun kersen telah lama digunakan untuk mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2 sebagai pengobatan tradisional.

Bersumber dari Hello Sehat, penelitian menunjukkan bahwa daun kersen memiliki komponen aktif yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antidiabetik, memberikan potensi dalam mengatasi diabetes.

Sebuah studi pada tahun 2019 yang diterbitkan oleh Asian Journal of Pharmaceutical mengeksplorasi efek ekstrak daun kersen pada tikus diabetes selama dua minggu. Hasilnya menunjukkan, penurunan signifikan dalam kadar gula darah dan peningkatan produksi hormon insulin.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Anda

Peningkatan hormon insulin membantu meningkatkan penyerapan glukosa dalam darah, yang efektif menurunkan kadar gula darah.

Penurunan gula darah ini diduga disebabkan oleh kandungan flavonoid dalam daun kersen yang membantu regenerasi sel beta pankreas serta merangsang pelepasan insulin.

Selain flavonoid, daun kersen juga mengandung tanin, triterpenoid, saponin, dan polifenol, yang semuanya berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan ini melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif, suatu kondisi yang dipicu oleh ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas.

Kadar gula darah yang tinggi seringkali meningkatkan produksi radikal bebas, memicu stres oksidatif yang dapat mengganggu produksi insulin di pankreas.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Konsumsi Singkong untuk Diabetes, Kendalikan Gula Darah

Penelitian yang dipublikasikan dalam The Indonesian Biomedical Journal mencatat, stres oksidatif dapat menghambat fungsi sel-sel beta pankreas yang bertanggung jawab untuk produksi insulin.

Sel-sel beta ini cenderung memiliki sedikit antioksidan, membuat mereka rentan terhadap stres oksidatif.

Oleh karena itu, kandungan antioksidan yang kaya dalam daun kersen dapat memainkan peran penting dalam mengatasi penghambatan produksi insulin, khususnya bagi pasien diabetes.

Daun kersen memiliki potensi yang signifikan dalam manajemen diabetes, terutama melalui efek antioksidan dan kemampuannya untuk meningkatkan fungsi insulin dan regenerasi sel beta pankreas.

Baca Juga: Lebih Sehat untuk Tubuh, Ini 6 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba

Riset yang ada hanya menunjukkan bahwa daun kersen berpotensi untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, belum ada bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa tanaman herbal ini efektif sebagai obat diabetes.

Demikianlah ulasan terkait manfaat daun kersen untuk diabetes. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News