Santai

Rekomendasi Tanaman Hias Langka yang Bisa Jadi Koleksi di Rumah

Rekomendasi Tanaman Hias Langka yang Bisa Jadi Koleksi di Rumah

MOMSMONEY.ID - Pecinta tanaman hias pasti tahu ada beberapa tanaman hias langka yang bisa jadi koleksi di rumah. Ya, ada beberapa tanaman hias langka yang bisa jadi koleksi. 

Anda dapat menanam lima tanaman hias langka yang bisa jadi koleksi di rumah. 

Perlu diketahui, kelangkaan tanaman hias sering kali didorong oleh dinamika permintaan dan pasokan di pasar hortikultura, yang dapat berfluktuasi. Tanaman ini dianggap langka bukan hanya karena jarang ditemukan di alam liar, tetapi juga karena tanaman ini sangat diminati oleh komunitas tanaman hias.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Langka untuk Menambah Koleksi di Rumah

Mengutip Real Simple, berikut ini 5 tanaman hias langka yang bisa jadi koleksi di rumah. 

1. Monstera Obliqua

Monstera cukup umum. Namun variasi khusus ini tidak begitu umum. 

Tanaman ini memiliki fenestrasi daun yang ekstrim (alias berlubang) dan sering disamakan dengan Monstera Adansonii, Monstera obliqua sejati jarang dibudidayakan dan harganya bisa sangat mahal jika ditemukan di Amerika Serikat.

monstera

Berasal dari Peru, tanaman ini tumbuh lambat dan sulit dirawat karena memerlukan banyak kelembapan agar bisa tumbuh subur.

(Menyimpannya di kamar mandi mungkin bukan ide buruk di sini!) Tanaman ini juga perlu banyak disiram karena secara teknis merupakan tanaman tropis. Sinar matahari yang terang dan tidak langsung akan mendorong pertumbuhan yang cepat.

Secara umum, semua monstera dianggap agak beracun bagi manusia dan hewan, jadi jauhkan sahabat berdaun ini dari jangkauan bayi berbulu dan bayi manusia!

Baca Juga: Bisa Hasilkan Bunga Langka dan Indah, Intip Rekomendasi Tanaman Hias Indoor

2. Tanaman Macan Kunang-kunang

Secara teknis tanaman ini adalah spesies dari Asia Timur dengan daun berbintik-bintik yang menyerupai kunang-kunang bercahaya. 

Tumbuhan yang mencolok ini tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari. 

Terlalu banyak sinar matahari, terutama cahaya langsung, bisa menyebabkan layu. Namun, ini adalah tanaman haus yang tumbuh paling baik di tanah yang lembab secara konsisten dan tumbuh subur pada tingkat kelembapan sedang hingga tinggi, jadi Anda mungkin memerlukan mister atau humidifier untuk tanaman hias yang bahagia. Untungnya, yang ini tidak diketahui beracun!

3. Philodendron

Varietas philodendron ini cukup diidam-idamkan, namun ia memperkirakan ketersediaannya akan lebih banyak pada tahun 2024, sehingga sumbernya akan lebih mudah. 

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Zodiak yang Cocok Dirawat di Rumah

Paraiso Verde dianggap tanaman yang tumbuh cepat jika dirawat dengan baik. Ia membutuhkan tanah yang lembab, kehangatan dan kelembapan, serta sinar matahari tidak langsung yang cerah. Ingatlah bahwa itu beracun bagi hewan peliharaan dan manusia.

4. Pangea Begonia 

Secara khusus, Tectonic Pangea Begonia (atau Begonia thomsonii ) adalah salah satu yang akan sangat dicari setelah tersedia pada Musim Semi 2024 karena dedaunannya yang mencolok. 

Jika dirawat di tempat yang sedikit teduh, tingginya bisa mencapai sekitar satu kaki. Begonia biasanya beracun, terutama di bagian bawah tanah, jadi pastikan begonia dijauhkan dari sumber penggali.

5. Pabrik ZZ Hitam

Tanaman ZZ termasuk dalam kategori yang sama dengan monstera. Namun tanaman Black ZZ adalah jenis tanaman yang sulit didapat. 

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Terbaik Tahun 2024, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Berkat daunnya yang hampir hitam dan berwarna zamrud, tanaman ini mendapat julukan “gagak ZZ”. Berasal dari daerah kering di Afrika Timur, semak kecil ini tidak meminta banyak H2O karena toleransinya yang tinggi terhadap kekeringan. 

Black ZZ juga tahan terhadap berbagai kondisi cahaya, sehingga perawatannya sangat mudah. 

Namun ini beracun, dan ini adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan jika Anda memiliki hewan peliharaan.

Nah itulah beberapa 5 tanaman hias langka yang bisa jadi koleksi di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News