Santai

Tanaman Hias Natal untuk Dekorasi Rumah Tampak Lebih Menarik

Tanaman Hias Natal untuk Dekorasi Rumah Tampak Lebih Menarik

MOMSMONEY.ID - Momen perayaan Natal menjadi peringatan yang penting dan hangat untuk berkumpul bersama keluarga. Anda perlu mempercantik ruangan dengan dekorasi tanaman hias natal.

Ada beberapa tanaman hias natal untuk dekorasi rumah agar tampak lebih menarik.

Tanaman hias natal untuk dekorasi rumah dapat Anda tempatkan di sudut ruangan sehingga akan menambah kesan yang menyegarkan. 

Nah, berikut ini beberapa tanaman hias natal untuk dekorasi rumah:

1. Amarilis 

Dihargai karena kemampuannya untuk mekar di dalam ruangan, bunga yang tampak eksotis ini (secara teknis dari genus Hippeastrum) mekar sekitar empat hingga enam minggu setelahnya. Anda menanam umbinya. 

Tempatkan di tempat yang terang benderang, jangan tersembunyi di atas meja kopi karena tingkat cahaya rendah akan menyebabkannya terkulai dan roboh. 

Balikkan pot setiap beberapa hari untuk membantu tanaman tumbuh tegak. Jaga agar tanah tetap lembab secara merata, namun jangan sampai tenggelam.

Baca Juga: 33 Ucapan Natal 2023 Bahasa Inggris dan Artinya untuk Saudara, Kerabat, dan Pasangan!

2. Anggrek

Anggrek Dendrobium

Tanaman yang tampak halus ini tidak serapuh kelihatannya dan akan mekar selama berbulan-bulan jika tidak dirawat dengan baik. 

Berikan anggrek cahaya terang dan tidak langsung. Mereka umumnya lebih suka berada di sisi yang lebih sejuk di dalam ruangan. Hindari perubahan suhu mendadak yang dapat menyebabkan tunas rontok.

Siram seminggu sekali hingga air keluar dari dasar pot (biasanya ditanam di media tanam tanpa tanah).

3. Kaktus Natal

Kaktus Natal sangat cantik, mungkin bisa menyaingi keindahan hiasan di pohon Anda.

Tempatkan di jendela yang terang. Kuncup bunga yang rontok sebelum mekar mungkin disebabkan oleh suhu yang hangat atau tanah yang terlalu kering. Siram saat kering, tapi jangan biarkan tanaman terendam air.

Baca Juga: 10 Tanaman Hadiah Natal yang Sempurna, Cocok Jadi Kado Orang Terkasih

4. Poinsettia

Siram saat kering jika disentuh; menyiram secara berlebihan adalah cara paling umum untuk membunuh mereka.

Lepaskan foil atau penutup pot (atau buat lubang di dalamnya) yang ada di sekitar tanaman saat Anda membeli untuk memastikan tanaman tidak terendam air. Siram secukupnya, lalu tiriskan seluruhnya di wastafel.

5. Pohon Natal

Sebelum memasukkan potongan pohon Natal ke dalam air, potonglah sekitar 1/4 inci tepat di bagian bawah batangnya. Kencangkan pohon pada dudukan yang pas (jangan memotong sisi-sisinya secara paksa karena lapisan luar paling efisien dalam menyerap air). 

Jauhkan dari sumber panas, isi dengan air, dan jaga agar tetap terisi. Pohon Natal yang dipotong akan banyak minum di minggu pertama, jadi Anda harus memeriksanya setiap hari.

Terlepas dari tips yang mungkin Anda baca di internet, para ahli sepakat bahwa tidak perlu memberinya makanan apa pun selain air, yang diminumnya di alam liar. 

Tips lain? Gunakan lampu LED yang tidak akan mengeringkannya secepat senar pijar.

6. Pakis Beku

Tempatkan di tempat dengan pencahayaan rendah hingga sedang. Mereka lebih menyukai kelembapan yang konsisten, sehingga mereka tumbuh dengan baik di terarium. Jaga agar tanah sedikit lembab. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pengganti Pohon Natal, Bisa Jadi Alternatif yang Lebih Mudah

Gunakan air bersuhu ruangan, bukan air dingin. Siram dari bawah dengan cara dimasukkan ke dalam cawan berisi air, diamkan selama 15 menit, baru keluarkan tanamannya.

7. Rosemary

Tempatkan di tempat yang terang benderang di jendela yang menghadap ke selatan atau barat. Semakin banyak cahaya semakin baik atau daunnya cenderung berguguran. Jaga agar tanah tetap lembab dengan memeriksa pot setiap beberapa hari. 

Itulah beberapa tanaman hias natal untuk dekorasi rumah tampak lebih menarik. 

Selanjutnya: Anies Baswedan Usung Program Contract Farming, Begini Persyaratannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News