BisnisYuk

RDS Group Luncurkan Teknologi RFID, Solusi Efisien Transformasi Digital

RDS Group Luncurkan Teknologi RFID, Solusi Efisien Transformasi Digital

KONTAN.CO.ID - RDS Group memperkenalkan teknologi RFID, sebagai solusi efisien untuk mengelola inventaris dan proses bisnis di berbagai industri.

RFID atau Radio Frequency Identification memungkinkan identifikasi dan pelacakan objek secara otomatis melalui gelombang radio.

Dalam sektor ritel, penerapan teknologi ini memungkinkan pengawasan stok secara real-time, yang meningkatkan akurasi inventaris, mengurangi kehilangan barang dan bahkan memungkinkan proses pembayaran tanpa kasir.

Salah satu contoh aplikasi inovatif dari RDS Group adalah sistem pelacakan linen di rumah sakit. Dengan menggunakan tag RFID khusus pada setiap item linen, rumah sakit dapat memantau siklus pencucian dan ketersediaan linen dengan lebih efektif.

Baca Juga: Infomedia Wujudkan Transformasi Digital lewat Inovasi Solusi Bisnis Berbasis AI

Hal ini tidak hanya mengurangi kehilangan linen, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional, sehingga tenaga medis dapat lebih fokus pada perawatan pasien.

Menariknya, tag linen RFID dari RDS telah diuji dan terbukti tidak mengganggu proses rontgen dan MRI, serta tahan terhadap bahan kimia dan suhu tinggi hingga 200°C.

Selain itu, RDS Group juga memanfaatkan teknologi RFID untuk manajemen dokumen di perusahaan. Dengan setiap dokumen dilengkapi tag RFID, perusahaan dapat melacak identitas, lokasi, dan riwayat akses dokumen secara real-time.

Sistem ini tidak hanya mengurangi risiko kehilangan, tetapi juga mempercepat pengambilan dokumen dan menjaga keamanan informasi dengan membatasi akses kepada pihak-pihak tertentu.

Baca Juga: Hadapi Serangan Siber, Transformasi Digital di Indonesia Jalan Terus

Slamet Ariyadi, GM Sales & Marketing RDS Group, menyatakan, pihaknya terus berinovasi untuk memberikan teknologi yang meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan keunggulan kompetitif bagi klien di berbagai sektor.

Toppan Edge, afiliasi RDS Group dari Jepang, juga berperan dalam pengembangan solusi RFID untuk sektor seperti manufaktur, kesehatan, dan perbankan. Teknologi ini membantu pelacakan komponen dan mengurangi risiko kehilangan, sehingga manajemen inventaris menjadi lebih efisien.

Selain itu, RFID juga meningkatkan keamanan dan otentikasi komponen, mengurangi kemungkinan pemalsuan, dan mempercepat proses di lini produksi.

Keisuke Uemura, Global Business Manager Toppan Edge, menambahkan, kolaborasi dengan RDS Group bertujuan untuk memperluas penerapan RFID di pasar Indonesia, dengan menawarkan solusi yang andal dan mudah diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan sektor manufaktur, ritel dan kesehatan.

Dengan fokus pada inovasi dan solusi terintegrasi, RDS Group dan Toppan Edge berkomitmen untuk memperluas adopsi teknologi RFID di berbagai industri.

Baca Juga: Synology Soroti Pendekatan Modern Manajemen Data untuk Dorong Transformasi Digital

Melalui kemitraan strategis, mereka berusaha untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan nilai tambah bagi konsumen, sekaligus mendukung transformasi digital di sektor-sektor kunci.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen RDS Group dan Toppan Edge untuk menjadi pemimpin dalam solusi RFID yang mendukung pertumbuhan bisnis di era digital.

Selanjutnya: Komitmen Lanjutkan Hilirisasi Nikel, Simak Strategi Beberapa Emiten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News