Bugar

Rawan Dialami Si Kecil, Begini Cara Mencegah Infeksi Cacing Kremi, Moms!

Rawan Dialami Si Kecil, Begini Cara Mencegah Infeksi Cacing Kremi, Moms!

MOMSMONEY.ID - Moms wajib tahu! Begini lho cara mencegah infeksi cacing kremi pada Si Kecil.

Infeksi cacing kremi adalah masalah kesehatan yang cukup umum di kalangan anak-anak. Penyebab utama infeksi ini adalah cacing Enterobius vermicularis, yang telurnya dapat menyebar dengan mudah dan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Mengutip dari Alodokter, infeksi dimulai ketika telur cacing masuk ke dalam tubuh manusia dan menetas di saluran pencernaan. Di sini, cacing tumbuh dan berkembang biak. Pada malam hari, cacing kremi meletakkan telurnya di sekitar anus, yang menyebabkan gatal.

Namun, jangan khawatir, Moms! Ada cara mencegah infeksi cacing kremi yang efektif dan dapat Anda lakukan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menjaga Kebersihan Tangan

Ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin, terutama setelah bermain, menggunakan toilet, dan sebelum makan. Mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran telur cacing.

Baca Juga: Catat ya! Ini 7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman Digunakan

2. Menjaga Kebersihan Kuku

Pastikan kuku anak selalu dipotong pendek. Kuku yang panjang dan kotor bisa menjadi tempat berkumpulnya telur cacing yang jika tidak sengaja tertelan bisa menimbulkan infeksi baru.

3. Mengganti Pakaian Secara Teratur

Ganti pakaian, terutama celana dalam anak setiap hari dan cuci menggunakan air panas untuk membunuh telur cacing yang mungkin menempel.

Baca Juga: Rupanya Begini Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala, Simak Cara Mengatasinya

4. Membersihkan Rumah

Bersihkan dan vakum rumah secara teratur, terutama area bermain anak dan kamar tidur. Pastikan semua permukaan yang sering disentuh dibersihkan dengan desinfektan yang aman untuk menghilangkan telur cacing.

5. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Gunakan air panas untuk mencuci sprei, pakaian tidur, celana dalam, waslap, dan handuk untuk membantu membunuh telur cacing kremi.

Baca Juga: Benarkah Vertigo Disebabkan Asam Lambung Naik? Ini Faktanya

6. Edukasi Tentang Kebiasaan Hidup Bersih

Ajari anak pentingnya tidak menggigit kuku atau memasukkan tangan ke mulut, yang merupakan salah satu cara utama telur cacing menyebar.

Itulah beberapa cara mencegah infeksi cacing kremi pada anak yang dapat Moms lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Promo Superindo Hari Ini 26-29 Agustus 2024, Anggur Muscat-Susu Harga Spesial Gajian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News