Bugar

Catat ya! Ini 7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman Digunakan

Catat ya! Ini 7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman Digunakan

MOMSMONEY.ID - Kulit Anda berjerawat? Inilah pilihan kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang Aman untuk Anda gunakan!

Memilih produk skincare yang tepat sangat penting bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat. Bahan-bahan tertentu dalam skincare dapat sangat membantu dalam mengurangi jerawat dan mencegahnya kembali muncul.

Menyadur dari laman Halodoc, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang aman digunakan:

1. Sulfur

Sulfur atau belerang adalah bahan yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk jerawat. Dengan sifat antijamur dan antibakteri, sulfur dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat dan cocok untuk mengatasi komedo serta mengangkat sel kulit mati.

Kandungan ini juga membantu mengurangi produksi minyak di wajah dan cocok untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat.

Baca Juga: Rupanya Begini Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala, Simak Cara Mengatasinya

2. Asam Azelaat (Azelaic Acid)

Asam azelaat adalah bahan yang masih jarang ditemukan dalam produk skincare lokal, namun sangat efektif untuk mengatasi jerawat.

Bahan ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang bekerja dengan membersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat dan eksfoliasi kulit secara lembut. Asam azelaat juga dapat mencerahkan wajah, sehingga membantu memudarkan bekas jerawat.

3. Asam Salisilat (Salicylic Acid)

Asam salisilat sering terdapat dalam banyak produk perawatan kulit untuk mengatasi kulit berjerawat atau berminyak.

Bahan ini bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan juga berfungsi sebagai eksfolian yang membantu menghilangkan sel kulit mati. Penggunaan asam salisilat dapat membantu mengurangi bruntusan, komedo, dan hiperpigmentasi.

Baca Juga: Benarkah Vertigo Disebabkan Asam Lambung Naik? Ini Faktanya

4. AHA dan BHA

Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah dua bahan yang berfungsi untuk eksfoliasi kulit.

AHA lebih fokus pada masalah kulit seperti bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan warna kulit yang tidak rata, sementara BHA lebih efektif untuk mengatasi jerawat dan membuka pori-pori yang tersumbat.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang populer untuk pengobatan jerawat karena sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat menenangkan kemerahan, bengkak, dan peradangan. Penggunaan gel dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5% bisa efektif untuk mengurangi jerawat ringan.

Baca Juga: Kacang Hijau Menyebabkan Asam Urat dalam Tubuh, Benarkah?

6. Ekstrak Lidah Buaya

Ekstrak lidah buaya dikenal dengan sifat antiinflamasi dan antimikroba yang membantu meredakan jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

7. Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide adalah bahan yang efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Namun, perlu diperhatikan bahwa bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada beberapa orang, sehingga penggunaannya harus diawasi dengan hati-hati.

Itulah beberapa kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang aman digunakan. Memilih produk perawatan kulit yang tepat sangat penting untuk mengatasi jerawat secara efektif.

Pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit dan konsultasikan dengan dermatolog jika Anda mengalami masalah kulit yang serius. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News