Bugar

Pilihan Lauk Sayur Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa, Simpel dan Praktis Moms

Pilihan Lauk Sayur Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa, Simpel dan Praktis Moms

MOMSMONEY.ID - Berikut ini adalah beberapa pilihan lauk sayur sehat untuk sahur dan buka puasa yang bisa Moms coba untuk keluarga tercinta:

Saat bulan Ramadan, memilih menu sahur dan buka puasa yang sehat dan praktis menjadi prioritas untuk membantu menjaga stamina selama berpuasa.

Menu yang seimbang antara sayuran, protein, dan karbohidrat esensial bisa memberikan energi yang dibutuhkan tanpa membebani sistem pencernaan.

1. Capcay

Capcay menghadirkan berbagai sayuran seperti brokoli, kol, wortel, dan jamur yang kaya nutrisi. Penambahan daging ayam atau udang membuatnya menjadi sajian yang lengkap dan lezat untuk sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga: Menilik Segudang Manfaat Blewah untuk Kesehatan serta Kandungan Nutrisinya

2. Salad sayur segar

Memulai sahur dan buka puasa dengan salad sayur yang menyegarkan, berisi bayam, wortel, timun, dan tomat ceri dengan dressing lemon dan madu, merupakan cara yang nikmat untuk menghidrasi tubuh dan memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral.

3. Sayur bening bayam

Sebagai sumber energi yang kembali setelah berpuasa, sayur bening bayam menawarkan kekayaan vitamin A, B, C, dan K, serta mineral yang mendukung stabilisasi gula darah dan tekanan darah yang sehat, mengutip dari Dokter Sehat.

Menambahkan jagung dan tomat tidak hanya memperkaya rasa tetapi juga menambah nilai gizi pada hidangan ini.

Baca Juga: Tips Berpuasa Bagi Penderita Darah Tinggi Selama Bulan Ramadan

4. Sayur asem

Kuah segar dan asam dari sayur asem, diperkaya dengan labu siam, jagung, dan kacang panjang, menjadikannya sumber serat dan vitamin yang baik. Kuahnya yang menyegarkan merupakan cara sempurna untuk menghilangkan dahaga.

5. Tumis kangkung dengan bawang putih

Menu sederhana ini memberikan kekayaan zat besi dari kangkung yang ditumis dengan bawang putih. Ini menjadikannya pilihan yang sempurna untuk lauk sahur dan buka puasa yang ringan namun bernutrisi.

Baca Juga: Bolehkah Minum Kopi saat Sahur? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini!

6. Sup tomat dengan daging sapi

Alternatif menu sayur lainnya, sup tomat dengan daging sapi menyajikan rasa yang lezat dan hangat untuk sahur dan buka puasa.

Daging sapi yang disajikan dalam bentuk potongan atau bola, bersama dengan tomat yang kaya akan vitamin A, C, dan beta karoten, menjadikan sup ini pilihan hangat yang sempurna.

7. Kangkung belacan dengan udang

Kangkung dikenal dengan kandungan vitamin dan mineralnya, termasuk zat besi, vitamin C, dan A, serta kalsium. Lauk ini merupakan pilihan yang ideal untuk menu buka. Tambahkan udang untuk rasa tambahan, kecuali bagi Anda yang punya riwayat alergi.

Itulah beberapa lauk sayur sehat untuk sahur dan buka puasa yang bisa Moms coba. Selain mudah dibuat, lauk tersebut memiliki rasa yang lezat dan juga menyehatkan tubuh. Jadi, lauk sayur yang mana yang akan Moms masak untuk keluarga tercinta?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News