Bugar

Menilik Segudang Manfaat Blewah untuk Kesehatan serta Kandungan Nutrisinya

Menilik Segudang Manfaat Blewah untuk Kesehatan serta Kandungan Nutrisinya

MOMSMONEY.ID - Blewah merupakan salah satu buah yang akrab jadi sajian selama bulan puasa. Tidak hanya menyegarkan, blewah kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan mengajak Anda mengetahui manfaat blewah untuk kesehatan serta kandungan nutrisinya. Yuk, simak selengkapnya.

Kandungan nutrisi dalam blewah

Pada setiap porsi 100 gram blewah, dapat ditemukan kandungan nutrisi sebagai berikut: 8 gram karbohidrat, 0,8 gram protein, 0,9 gram serat, 267 miligram kalium, 9 miligram kalsium, 12 miligram magnesium, 0,2 miligram zat besi, 16 miligram natrium, 3,38 IU vitamin A, 0,1 miligram vitamin B6, dan 36,7 miligram vitamin C.

Selain itu, blewah juga kaya akan antioksidan seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan choline yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Disebut Bikin Asam Urat Naik, Ini Sayuran Tinggi Purin yang Sebaiknya Dihindari

Manfaat blewah untuk kesehatan

Bersumber dari Dokter Sehat, berikut ini adalah manfaat blewah untuk kesehatan:

1. Pencegahan asma

Konsumsi blewah yang kaya vitamin A, khususnya beta karoten, dapat mengurangi risiko gangguan pernapasan seperti asma, berkat efek perlindungan terhadap sistem pernapasan.

2. Kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam blewah mendukung fungsi pencernaan yang sehat, membantu mencegah konstipasi dan memastikan pencernaan berjalan lancar.

Baca Juga: Normal Asam Urat Perempuan Berapa? Cek Jawabannya Berikut!

3. Hidrasi tubuh

Kandungan air yang melimpah menjadikan blewah pilihan sempurna untuk mengatasi dehidrasi, khususnya selama berpuasa, membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Pengaturan tekanan darah

Blewah kaya akan potassium yang mendukung penurunan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga: Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Ini Jawabannya!

5. Menjaga kesehatan mata

Kaya akan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, blewah berkontribusi pada kesehatan mata dan pencegahan kondisi seperti degenerasi makula.

6. Merawat kulit dan rambut

Vitamin A dalam blewah, bersama dengan vitamin B, C, E, folat, selenium, zinc, dan zat besi, mendukung pertumbuhan sehat kulit dan rambut.

Baca Juga: Bisa Meredakan Gejala, Ini Minuman yang Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

7. Pencegahan kanker

Antioksidan seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan choline di dalam blewah berpotensi mengurangi risiko kanker dengan menangkal radikal bebas.

8. Pengendalian gula darah

Tingginya kandungan air dan rendahnya indeks glikemik menjadikan blewah pilihan yang baik untuk penderita diabetes dalam mengontrol gula darah.

Baca Juga: Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Ulang, Cek Daftarnya Moms!

9. Kesehatan ginjal

Hidrasi yang baik dari konsumsi blewah mendukung fungsi ginjal yang sehat, mengurangi risiko kerusakan ginjal akibat dehidrasi.

10. Penguatan sistem imun

Vitamin A dan C di dalam blewah berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit dan infeksi.

Baca Juga: Manis dan Lezat, Intip Kandungan Nutrisi dan Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

11. Manajemen berat badan

Serat dalam blewah memberikan rasa kenyang yang lebih lama, mendukung manajemen berat badan dengan mengurangi asupan kalori.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait manfaat blewah untuk kesehatan serta kandungan nutrisi di dalamnya. Manfaatnya yang begitu melimpah tentu sayang untuk dilewatkan.

Anda dapat mengonsumsi blewah sebagai upaya menjaga kesehatan, baik sebagai menu harian ataupun menu buka puasa saat Ramadan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News