Keluarga

Pijat Di Masa Kehamilan Justru Punya Banyak Manfaat Lo!

Pijat Di Masa Kehamilan Justru Punya Banyak Manfaat Lo!

MOMSMONEY.ID - Pijat terapi telah lama digunakan untuk meningkatkan kesehatan, mengurangi stres dan meredakan ketegangan otot. Selain itu, ternyata pijat juga bermanfaat untuk ibu hamil lo!

Melansir American Pregnancy, pijat selama masa kehamilan bisa mengurangi kecemasan, mengurangi gejala depresi, meredakan nyeri otot dan nyeri sendi serta meningkatkan hasil persalinan dan kesehatan bayi baru lahir. 

Nah namun metode pijat swedia yang disarankan dilakukan untuk ibu hamil karena dapat mengatasi banyak ketidaknyamanan umum yang terkait engan perubahan tulang dan peredaran daran karena perubahan hormon. 

Baca Juga: Sederet Tanda Dehidrasi pada Dewasa dan Balita, Bukan Cuma Kehausan

Ini manfaat pijat terapetik untuk ibu hamil

Mengatur hormon pada tubuh
Penelitian yang dilakukan dalam 10 tahun terakhir menunjukan kadar hormon relaksasi dan stres pada ibu hamil sangat dipengaruhi oleh terapi pijat. 

Untuk perempuan hamil yang pijat dua mingguan selama lima minggu, hormon norepinefrin dan kortisol yang berkaitan dengan kadar stres jadi berkurang, kadar dopamin dan serotonin meningkat. 

Perubahan kadar hormon ini juga menyebabkan sedikit komplikasi selama kelahiran dan lebih sedikit komplikasi pada bayi baru lahir seperti berat badan lahir rendah. Bukti kuat ini menunjukan manfaat kesehatan ibu dan bayi jika rutin pijat. 

Mengurangi pembengkakan
Edema atau pembengkakan sendi selama hamil sering disebabkan karena berkurangnya sirkulasi dan peningkatan tekanan pada pembuluh darah utama karena beratnya rahim. 

Pijat membantu merangsang jaringan lunak mengurango penumpukan cairan pada sendi yang bengkak. Pijat juga meningkatkan pembuangan limbah jaringan yang dibawa oleh sistem getah bening. 

Mengurangi nyeri pada saraf
Nyeri saraf siatik banyak dialami oleh perempuan di akhir kehamilannya karena rahim bertumpu pada otot dasar panggul dan punggung bawah.

Baca Juga: Mau Beli HP Rp 1 Jutaan? Ini 4 Spek Penting yang Harus Dimiliki HP Harga Sejutaan

Tekanan rahim menyebarkan ketegangan pada otot kaki bagian atas dan bawah yang menyebabkan pembengkakan dan memberikan tekanan pada saraf di sekitarnya. 

Pijat yang mengatasi masalah saraf yang meradang bisa membantu melepaskan ketegangan pada otot. Banyak perempuan juga mengalami pengurangan nyeri saraf skiatik secara signifikan selama kehamilan melalui pijatan. 

Nah itu tadi 3 manfaat utama pijat terapetik selama masa kehamilan. Namun yang pasti pijat selama masa kehamilan bisa mengurangi sakit punggung, mengurangi nyeri sendi, meningkatkan sirkulasi, mengurangi edema, mengurangi ketegangan otot dan sakit kepala hingga membuat tidur lebih nyenyak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News