Santai

Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Diperpanjang Sampai Besok

Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Diperpanjang Sampai Besok

MOMSMONEY.ID - Penutupan operasional Bandara Sam Ratulangi di Manado kembali diperpanjang hingga Sabtu (4/5) 2024 pukul 18:00 WITA.

Menguti dari akun instagram Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, keputusan ini sesuai dengan hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Penutupan operasional Bandara Sam Ratulangi ini sudah dimulai sejak 30 April melalui informasi dari Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor Notam: A1148/24 NOTAMR A1144/24.

Dalam keterangan tertulis sebelumnya, diinformasikan bahwa selain Bandara Sam Ratulangi, bandara lain yang sebelumnya terdampak abu vulkanik sudah beroperasi normal.

Bandara tersebut antara lain Bandara Djalaluddin di Gorontalo yang sudah beroperasi pada Rabu (1/5) pukul 22:30 WITA, Banadara Naha, Tahuna sudah beroperasi sejak Rabu (1/5) pukul 12:10 WITA.

Bandara Taman Bung Karno, Siau sudah beroperasi kembali sejak Kamis (2/5) pukul 12:24 WITA, Bandara Bolaang Mongondow beroperasi sejak Kamis (2/5) pukul 12:25 WITA, dan Bandara Pohuwato sudah beroperasi sejak Kamis (2/5) 2024 pukul 12:26 WITA.

Baca Juga: Cuaca Besok di Bali, Hanya 1 Wilayah Diperkirakan Hujan

Dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5), Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado Ambar Suryoko menerangkan bahwa bandara-bandara tersebut kembali beroperasi setelah melalui pengecekan paper test dan hasilnya negatif abu vulkanik.

“Setelah dilakukan pengecekan paper test dan hasilnya negatif abu vulkanik bandara-bandara tersebut sudah dapat kembali beroperasi," ujar Ambar.

Ambar menuturkan pihaknya akan terus melakukan monitoring perkembangan situasi Gunung Ruang dan dampaknya terhadap bandara-bandara di sekitar bekerja sama dengan para stakeholder terkait lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News