Santai

Sempat Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi Normal

Sempat Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi Normal

MOMSMONEY.ID - Setelah sempat ditutup beberapa hari karena erupsi Gunung Ruang, hari ini, Senin (22/4), operasional Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado kembali dibuka dan beroperasi normal mulai pukul 12.00 WITA.

“Alhamdulillah, Bandara Sam Ratulangi sudah kembali normal,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Ambar Suryoko dalam keterangan tertulis, Senin (22/4).

Pembukaan ini berdasarkan informasi Notice to Airmen (NOTAM) nomor A1054/24 NOTAMC A1041/24. Bandara Internasional Sam Ratulangi kembali beroperasi berdasarkan hasil paper test yang menunjukkan negatif Volcanic Ash (VA).

Ambar mengatakan operasional bandara dibuka dikarenakan tingkat aktivitas Gunung Ruang sudah menurun ke Level III serta hasil paper test menunjukkan sebaran abu vulkanik di sekitar Bandara Sam Ratulangi negatif.

Baca Juga: Penonton Dua Hati Biru Tercatat 263.365 Orang

Meski begitu, Ambar juga memastikan bahwa pihaknya terus mengawasi dan memonitor secara intensif perkembangan terkini Gunung Ruang.

Pengawasan tersebut dilakukan dengan melibatkan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi(PVMBG), dan Penyelenggara Bandar Udara serta pihak terkait lainnya.

"Kami akan terus mengupdate perkembangan terkini erupsi Gunung Ruang dan selalu berkoordinasi intensif dengan stakeholder penerbangan khususnya terkait pelayanan penumpang oleh Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU)," kat Ambar.

Dia juga menambahkan, bahwa kebijakan yang diambil dalam penanganan keadaan force majeure ini demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. DIa pun berharap masyarakat bisa memaklumi jika operasional bandara terjadi buka tutup karena menyesuaikan kondisi terkini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News