Santai

Penuh Manfaat, Intip 5 Khasiat Daging Kambing yang Jarang Diketahui Ini

Penuh Manfaat, Intip 5 Khasiat Daging Kambing yang Jarang Diketahui Ini

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum jika daging kambing punya segudang manfaat juga loh, buat kesehatan.

Bagi yang mendapatkan daging kurban kambing, tak perlu takut untuk mengonsumsinya, ya. Sebab daging kambing punya beragam manfaat baik.

Yang perlu diingat adalah untuk tetap mengonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

Nah, buat yang ingin tahu, ini dia beragam manfaat daging kambing buat kesehatan.

Baca Juga: Bantu Atasi Hipertensi, Ini 18 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Darah Tinggi

Rendah lemak

Daging kambing memiliki kadar lemak dan lemak jenuh yang lebih rendah dibanding jenis daging lainnya. Sebab, daging kambing mengandung lebih banyak sumber protein dengan kalori lebih sedikit.

Mengonsumsi daging kambing bisa bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, loh.

Menjaga kesehatan jantung

Karena daging kambing adalah jenis daging yang rendah lemak jenuh, maka jenis daging ini bagus untuk merawat kesehatan jantung.

Daging kambing menyehatkan jantung karena mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan lebih banyak lemak tak jenuh dibandingkan daging merah lainnya. Sehingga risiko terserang penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi pun bisa diturunkan.

Baca Juga: Anda Mudah Berkeringat Saat Tidur? Ternyata Ini 6 Penyebabnya

Tinggi zat besi

Laman Health Line mencatat bahwa daging kambing mengandung sekitar 3,2 mg zat besi per 3 ons (85 gram). Jumlah ini hampir dua kali lipat jumlah zat besi yang ditemukan pada daging sapi tanpa lemak (1,8 mg), dan dada ayam (0,42 mg).

Seperti yang diketahui, zat besi merupakan mineral penting untuk tubuh membuat hemoglobin, protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, zat besi juga bagus untuk memperlancar proses produksi energi, meningkatkan imun, dan regulasi suhu tubuh.

Meredakan nyeri menstruasi

Bagi para perempuan yang sering mengalami nyeri saat menstruasi, mungkin memakan daging kambing bisa menjadi jawabannya. Rasa nyeri saat menstruasi adalah karena tubuh yang kekurangan asupan zat besi.

Sedangkan daging kambing adalah jenis daging yang mengandung tinggi zat besi. Daging kambing bisa membantu meningkatkan kualitas darah dan menurunkan peradangan yang akhirnya dapat membantu meringankan kram menstruasi.

Mencegah anemia

Terutama saat sedang hamil, kondisi anemia adalah hal yang sebaiknya dihindari. Agar bisa terhindar dari anemia, cobalah mengonsumsi daging kambing.

Mengutip laman Medicine Net, Salah satu manfaat kesehatan dari mengonsumsi daging kambing selama kehamilan adalah melindungi ibu dan bayi dari anemia. Daging kambing mampu meningkatkan kadar hemoglobin ibu sehingga meningkatkan aliran darah ke janin.

Wah, ternyata ada banyak ya manfaat daging kambing untuk kesehatan. Apakah tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News