Bugar

Pahami 6 Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Harus Anda Lakukan

Pahami 6 Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Harus Anda Lakukan

MOMSMONEY.ID - Kulit wajah membutuhkan eksfoliasi, Anda harus pahami manfaat eksfoliasi wajah di sini.

Dikutip dari cnfstore.com,eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit wajah. Hal ini penting dilakukan agar kebersihan kulit wajah tetap terjaga dan wajah tampak cerah.

Sebenarnya, tubuh melakukan eksfoliasi alami setiap 28-30 hari. Namun, seiring bertambahnya usia proses tersebut tidak berlangsung cepat. 

Sehingga sangat dibutuhkan bantuan eksfoliasi dengan produk skincare. Oleh sebab itu, simak enam manfaat eksfoliasi wajah dikutip dari cnfstore.com

1. Meratakan Warna Kulit

Manfaat eksfoliasi wajah yang pertama adalah meratakan warna kulit. Sel-sel kulit mati dapat membuat wajah tampak kusam dan kering.

Itulah sebabnya Anda membutuhkan proses eksfoliasi untuk mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit.

Tidak hanya mencerahkan, proses ini juga diyakini mampu membuat wajah lebih lembut dan menyamarkan tekstur wajah apabila digunakan secara teratur.

2. Membantu Proses Regenerasi Sel

Manfaat eksfoliasi wajah selanjutnya adalah membantu proses regenerasi sel. Kulit memang mengalami regenerasi sel secara alami setiap 28-30 hari.

Namun, dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah, Anda bisa mempercepat proses regenerasi sel kulit. Dengan mempercepat regenerasi sel kulit, wajah akan terlihat lebih sehat dan cerah.

Baca Juga: Simak 5 Treatment Menghilangkan Kerutan di Wajah, Mau Coba?

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Kemudian, eksfoliasi wajah dapat mencegah munculnya jerawat. Masalah jerawat dan komedo kerap disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kulit mati, kotoran, dan debu.

Apabila Anda sedang mengalami masalah jerawat, proses eksfoliasi bisa mempercepat penyembuhan jerawat Anda. Jerawat lebih cepat hilang dan tidak tumbuh lagi apabila Anda melakukan proses ini secara rutin.

Selain itu, wajah juga jauh lebih bersih, produksi minyak berkurang, dan tentunya pori-pori kulit wajah tidak akan tersumbat lagi.

4. Melawan Tanda Penuaan 

Eksfoliasi wajah juga dapat melawan tanda penuaan. Semakin bertambahnya usia, regenerasi sel secara alami pada kulit semakin melambat.

Hal tersebut menyebabkan sel kulit mati menumpuk, kulit wajah akan cepat kering, keriput, dan timbul garis-garis halus. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara teratur, Anda dapat memperlambat, bahkan mencegah tanda-tanda penuaan itu.

Baca Juga: Jangan Berlebihan, Inilah 5 Efek Samping Minyak Zaitun untuk Kulit

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat eksfoliasi wajah berikutnya adalah meningkatkan produksi kolagen. Rutin melakukan eksfoliasi dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen secara optimal.

Produksi kolagen yang optimal berfungsi untuk meningkatkan elastisitas wajah yang membuat kulit wajah tampak lebih kencang dan kenyal, serta meminimalkan garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

6. Membantu Efektivitas Skincare

Manfaat eksfoliasi wajah lainnya adalah membantu efektivitas skicare. Penumpukan sel-sel kulit mati di kulit wajah akan membuat produk skincare yang Anda gunakan tidak terserap secara maksimal.

Hal itu membuat kulit wajah Anda tidak mengalami perubahan yang signifikan walaupun rutin menggunakannya.

Itulah sebabnya sangat penting melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Melakukan proses ini dapat membantu skincare yang Anda gunakan bekerja dengan baik.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat eksfoliasi wajah, lakukan eksfoliasi wajah setiap 1-2 kali minggu sekali. Gunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News