Keluarga

6 Manfaat Eksfoliasi Kulit Kepala Secara Teratur, Ketombe Pasti Berkurang!

6 Manfaat Eksfoliasi Kulit Kepala Secara Teratur, Ketombe Pasti Berkurang!

MOMSMONEY.ID - Ada setidaknya 6 manfaat eksfoliasi kulit kepala secara teratur. Cari tahu, yuk!

Selain wajah, kulit kepala pun butuh dieksfoliasi secara teratur khususnya jika Anda sering menggunakan produk perawatan rambut berlapis-lapis.

Sama halnya dengan wajah, eksfoliasi kulit kepala dilakukan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Plus, kotoran, minyak, dan residu produk perawatan rambut yang masih tersisa.

Tak hanya membuat kulit kepala senantiasa bersih, segar, dan sehat, Anda juga akan mendapatkan 6 manfaat eksfoliasi kulit kepala yang dilansir dari IPSY berikut ini.

Baca Juga: Marks And Spencer Luncurkan Koleksi Musim Gugur

1. Mencegah penumpukan produk

Manfaat eksfoliasi kulit kepala yang pertama yaitu mencegah penumpukan produk.

Eksfoliasi adalah cara termudah untuk menyegarkan kulit kepala serta meredakan rasa gatal yang mengganggu.

Rutin melakukan eksfoliasi kulit kepala juga dapat mencegah penumpukan produk yang kerap menyumbat folikel rambut. Jika folikel rambut bersih, kesehatan rambut secara keseluruhan pun akan meningkat.

2. Mengatasi ketombe

Manfaat eksfoliasi kulit kepala yang kedua yaitu mengatasi ketombe.

Eksfoliasi kulit kepala dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi ketombe, eksim, maupun kulit kepala kering.

Ketombe khususnya, bisa diatasi dengan melakukan eksfoliasi kulit secara teratur. Tak hanya mampu menghilangkan serpihan putih khas ketombe, eksfoliasi teratur juga dapat mengurangi rasa gatal yang menyertainya.

3. Menjaga produksi minyak tetap terkendali

Manfaat eksfoliasi kulit kepala yang ketiga yaitu menjaga produksi minyak tetap terkendali.

Memiliki kulit yang sangat berminyak bukanlah hal yang menyenangkan, begitu pula pada kulit kepala dan rambut.

Untuk menjaga produksi minyak alami tetap terkendali, pastikan Anda melakukan eksfoliasi kulit kepala secara teratur. Ini bertujuan untuk mencegah penumpukan minyak yang sering menyumbat folikel rambut. Apabila kulit kepala bersih, tingkat produksi minyak akan menjadi normal dan mampu menghidrasi sekaligus melembabkan kulit kepala sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Bantu UKM Jangkau Pasar Global, Ninja Xpress Hadirkan International Deliveries

4. Membuat rambut tampak berkilau

Manfaat eksfoliasi kulit kepala yang keempat yaitu membuat rambut tampak berkilau.

Dengan banyaknya produk yang menempel pada helai rambut, rambut pun cenderung terlihat kusam. Ini karena terlalu banyak produk dapat membebani dan membuat rambut tampak tidak bernyawa.

Sebagai solusi, lakukanlah eksfoliasi kulit kepala secara teratur. Eksfoliasi akan membantu menghilangkan residu produk untuk membuat rambut jauh lebih berkilau. Lakukan eksfoliasi kulit kepala secara teratur terutama jika Anda gemar menggunakan hairspray dan dry shampoo.

5. Meningkatkan efektivitas produk perawatan rambut

Manfaat eksfoliasi kulit kepala yang kelima yaitu meningkatkan efektivitas produk perawatan rambut.

Jika kulit kepala jarang dibersihkan, maka produk perawatan rambut yang Anda gunakan tidak akan mampu melakukan tugasnya dengan maksimal. Pasalnya, ada banyak hal yang menghalangi produk untuk menembus kulit kepala dan helai rambut. Itulah sebabnya eksfoliasi kulit kepala tidak boleh Anda lewatkan.

Eksfoliasi kulit kepala akan membantu penetrasi produk perawatan rambut ke kulit kepala untuk hasil yang optimal. Jadi, apabila masker atau serum rambut Anda sepertinya tidak berfungsi, cobalah eksfoliasi kulit kepala Anda terlebih dahulu lalu aplikasikan kembali produk tersebut.

6. Membantu pertumbuhan rambut

Manfaat eksfoliasi kulit kepala yang keenam yaitu membantu pertumbuhan rambut.

Saat melakukan eksfoliasi kulit kepala khususnya menggunakan scrub, itu akan membantu pertumbuhan rambut dengan menstimulasi kulit kepala. Selain itu, eksfoliasi kulit kepala menggunakan scrub juga bisa melancarkan aliran darah ke permukaan serta meredakan stres dan ketegangan.

Ketika ada terlalu banyak penumpukan di kulit kepala, kualitas rambut yang tumbuh dari folikel akan terganggu. Akibatnya, rambut yang muncul dari folikel mungkin tidak akan tumbuh kuat, tebal, dan sehat. Nah, untuk menghindarinya, mulailah melakukan eksfoliasi kulit kepala secara rutin.

Itulah 6 manfaat eksfoliasi kulit kepala secara teratur. Untuk melakukan eksfoliasi kulit kepala, Anda bisa menggunakan scrub khusus kulit kepala, exfoliating gel, scalp brush, atau exfoliating shampoo. Pilihlah salah satu yang sekiranya cocok untuk Anda dan lakukan cukup 1-2 kali saja dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News