Bugar

Nyeri Saat Haid? Konsumsi Makanan Pereda Nyeri Haid Berikut, yuk!

Nyeri Saat Haid? Konsumsi Makanan Pereda Nyeri Haid Berikut, yuk!

MOMSMONEY.ID - Atasi rasa tidak nyaman saat haid, dengan konsumsi makanan pereda nyeri haid.

Nyeri saat haid atau dismenore adalah kondisi yang sangat umum dialami oleh wanita. Rasa nyeri tersebut bisa berkisar dari ringan hingga parah, seringkali cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain penggunaan obat pereda nyeri, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu meredakan nyeri haid berkat kandungan nutrisi yang mendukung. Mengutip dari Medical News Today, di bawah ini adalah makanan pereda nyeri haid yang bisa Anda coba:

1. Buah dan sayuran

Konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi dan serat sangat disarankan, terutama selama masa menstruasi.

Penelitian pada tahun 2018 oleh sekelompok mahasiswa di Spanyol menunjukkan bahwa mengadopsi diet vegetarian dan meningkatkan asupan buah serta sayuran dapat mengurangi keparahan kram dan nyeri menstruasi.

Walaupun demikian, penelitian ini juga menemukan bahwa perubahan ini tidak berdampak signifikan terhadap individu dengan endometriosis.

Baca Juga: 6 Makanan yang Melancarkan Siklus Haid Agar Keluar Secara Teratur

2. Air

Pentingnya minum air yang cukup tidak hanya untuk kesehatan umum tetapi juga untuk mengurangi gejala seperti sakit kepala akibat dehidrasi selama menstruasi. Ini juga bisa mencegah retensi air dan perut kembung. NHS Inggris menyarankan untuk minum 6-8 gelas air setiap hari.

3. Ikan dan makanan laut

Ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan tiram kaya akan asam lemak omega-3, yang diketahui dapat mengurangi inflamasi dan nyeri menstruasi. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa suplementasi omega-3 dapat menurunkan intensitas nyeri menstruasi pada wanita berusia 18-22 tahun dan mengurangi kebutuhan akan ibuprofen.

Selain itu, penelitian tahun 2014 menemukan bahwa omega-3 juga bisa mengurangi depresi, yang bermanfaat bagi mereka yang mengalami perubahan mood selama menstruasi. Sumber omega-3 lainnya termasuk biji flax, biji chia, kenari, minyak alga, kedelai, dan makanan yang diperkaya seperti beberapa yogurt, jus, dan susu nabati.

Baca Juga: Catat Moms, Ini 5 Buah yang Baik Dikonsumsi saat Menstruasi

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam tidak hanya lezat tetapi juga merupakan sumber zat besi dan magnesium yang baik. Asupan zat besi yang cukup penting untuk mencegah anemia yang bisa terjadi akibat kehilangan darah selama menstruasi.

Sebagian besar cokelat hitam mengandung sekitar 19% dari asupan zat besi yang direkomendasikan untuk wanita dewasa. Selain itu, cokelat hitam juga dapat memberikan dorongan magnesium, yang terbukti bisa mengurangi gejala PMS yang parah bagi mereka yang kekurangan mineral ini.

5. Lentil dan kacang-kacangan

Lentil dan kacang-kacangan lainnya tidak hanya sumber zat besi dan protein yang baik tetapi juga makanan yang ideal selama menstruasi karena bisa membantu menekan keinginan mengonsumsi makanan tidak sehat. Kacang-kacangan juga mengandung seng, yang menurut sebuah penelitian pada tahun 2007, dapat membantu meredakan kram menstruasi yang menyakitkan.

Demikianlah beberapa makanan pereda nyeri haid yang dapat Anda coba. Selain mengonsumsi makanan ini, menjaga pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara umum juga dapat membantu mengurangi nyeri haid.

Jika nyeri haid Anda sangat parah atau tidak mereda dengan perubahan diet, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News