Keluarga

6 Cara Menghemat Budget saat Momen Libur Lebaran Bareng Keluarga

6 Cara Menghemat Budget saat Momen Libur Lebaran Bareng Keluarga

MOMSMONEY.ID - Menikmati libur Lebaran yang panjang bersama keluarga bisa tetap hemat dengan mengikuti beberapa cara berikut ini.

Menghemat uang saat berlibur menjadi salah satu tips penting yang banyak dicari. Sebab jika tak merencanakan liburan dengan detail, maka biasanya cenderung akan kesulitan mengelola keuangan.

Maka dari itu, MomsMoney telah menghadirkan sederet tips menghemat uang saat libur lebaran yang dilansir dari Nava Hotel Tawangmangu, berikut ini!

Baca Juga: 4 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman, Tak Usah Bawa Banyak Barang

Buat rencana perjalanan secara detail

Sebelum libur lebaran tiba, tips menghemat uang yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan merencanakan perjalanan apa yang akan dilakukan.

Destinasi Wisata Spiritual di Dunia: Chichen Itza, Meksiko

Rencanakan sedetail mungkin mulai dari tujuan hingga transportasi yang pas untuk keluarga. Rencanakan juga apakah akan berlibur dalam 1 hari penuh (pulang dan pergi langsung), ataukah ingin menginap di hotel atau villa.

Dengan melakukan perencaan secara detail, maka Anda bisa lebih leluasa memilih dan menentukan semuanya sesuai dengan apa yang direncanakan. Ini merupakan salah satu tips menghemat uang saat libur Lebaran bersama keluarga.

Baca Juga: Jangan Lakukan 6 Hal yang Dianggap Tabu Ini Saat Imlek Kalau Tidak Mau Bernasib Sial

Tetapkan anggaran

Menetapkan anggaran sejak awal juga merupakan salah satu tips menghemat uang saat libur Lebaran tiba.

Ini penting dilakukan untuk menghindari belanja berlebih pada barang-barang yang tak dibutuhkan agar bisa tetap hemat dan sesuai dengan rencana.

Pilih lokasi tujuan

Destinasi Wisata Terbaik Raja Ampat

Jika berencana untuk menginap di villa atau hotel saat libur Lebaran tiba, tips menghemat uang yang bisa Anda lakukan adalah memilih tempat menginap pada lokasi yang strategis.

Lokasi yang strategis adalah lokasi yang mudah menjangkau berbagai objek wisata, pemandangan indah, jalan raya, kendaraan umum, hingga pasar.

Jika sudah menemukan tempat yang pas untuk menginap, jangan lupa untuk pantau terus promo agar mendapatkan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang memadai.

Baca Juga: 7 Cara Hemat Belanja Bulanan untuk Keluarga Anti Impulsif dan Boros

Bandingkan harga terbaik

Agar bisa melakukan libur Lebaran dengan harga hemat tanpa pengeluaran berlebih, maka tips menghemat uang selanjutnya bisa dengan coba memilih & membandingkan berbagai promo dengan harga terbaik.

Namun jangan hanya memilih harga yang paling murah saja, bandingkan juga dengan fasilitas yang akan didapatkan. Jangan sampai memilih harga yang murah tapi ternyata fasilitas yang didapatkan zonk.

Bawa makanan & minuman sendiri

Bekal Makanan

Baca Juga: Bukan Cuma Piknik, Ini 6 Ide Kegiatan Seru Saat Berlibur ke Pantai

Tips menghemat uang saat libur Lebaran salah satunya dengan membawa makanan & minuman sendiri. Hal ini sangat penting dan dapat menekan anggaran sehingga Anda bisa lebih berhemat tanpa perlu mengeluarkan uang secara berlebih.

Makanan & minuman ringan maupun berat bisa dikonsumsi saat perjalanan liburan maupun saat di lokasi. Akan lebih baik lagi apabila Anda juga menyediakan cadanagn konsumsi untuk perjalanan balik.

Bertanya pada warga lokal

Tips menghemat uang saat libur Lebaran bisa dilakukan dengan menanyakan hal-hal penting pada warga lokal. Hal-hal penting ini meliputi wisata kuliner maupun tempat berbelanja.

Baca Juga: Ini Dia Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Mudik, Jika Anda Membawa Bayi

Warga lokal biasanya lebih mengetahui banyak lokasi serta perbandingan harga sehingga akan lebih mudah menentukan akan belanja dimana jika bertanya langsung dan mengikuti rekomendasi dari warga lokal.

Tiru beberapa tips menghemat uang saat libur Lebaran yang bisa Anda lakukan dengan keluarga.

Selanjutnya: Sebanyak 848.344 Orang Naik Kereta Api Selama Puncak Mudik Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News