Keluarga

Mudah Lelah? Ini 5 Tanda Tubuh Penuh Gula yang Patut Anda Waspadai

Mudah Lelah? Ini 5 Tanda Tubuh Penuh Gula yang Patut Anda Waspadai

MOMSMONEY.ID - Ada 5 tanda tubuh penuh gula yang patut Anda waspadai. Cari tahu selengkapnya di sini.

Mengonsumsi makanan manis boleh-boleh saja karena gula merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena tubuh yang dipenuhi gula dapat menyebabkan insulin menjadi resisten sehingga tidak mampu menjalankan tugasnya untuk mengubah gula menjadi energi.

Jika dibiarkan, hal tersebut dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah atau hiperglikemia yang bisa menjadi penyebab penyakit diabetes melitus dan masalah kesehatan lainnya.

Sebagai pengingat, berikut MomsMoney bagikan 5 tanda tubuh penuh gula yang patut Anda waspadai sebagaimana dilansir dari laman EMC Healthcare.

Baca Juga: Begini Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru, Waspadai ya!

1. Mudah lelah

Tanda tubuh penuh gula yang pertama yaitu mudah lelah.

Orang yang tubuhnya dipenuhi gula, termasuk penderita diabetes, biasanya lebih mudah merasa lelah dibandingkan orang dengan kadar gula darah normal.

Kadar gula darah yang tinggi tidak dapat diolah dengan baik oleh tubuh, sehingga bisa mengganggu fungsi insulin. Adapun kadar insulin yang tidak mencukupi atau tidak dapat bekerja secara efektif akan membuat glukosa dalam tubuh tidak terolah dengan baik, sehingga tidak dapat diubah menjadi energi. Pada akhirnya, kondisi ini bisa membuat tubuh cepat lelah.  

2. Penglihatan menjadi kabur

Tanda tubuh penuh gula yang kedua yaitu penglihatan menjadi kabur.

Salah satu tanda tubuh dipenuhi gula adalah menurunnya kemampuan melihat. Saat gula darah naik, tubuh tidak mampu menghasilkan energi yang seharusnya digunakan sebagai bahan bakar untuk seluruh jaringan tubuh, termasuk sistem saraf.

Dalam hal ini, sistem saraf pada indra penglihatan pun dapat terganggu dan menyebabkan penglihatan menjadi kabur.  

3. Selalu merasa haus dan sering buang air kecil

Tanda tubuh penuh gula yang ketiga yaitu selalu merasa haus dan sering buang air kecil.

Jika Anda selalu merasa haus meskipun sudah minum banyak air, maka Anda perlu waspada. Rasa haus yang tidak kunjung hilang meskipun sudah minum banyak air merupakan salah satu tanda gula darah tinggi yang paling umum. Hal ini terjadi karena fungsi ginjal terganggu sesaat setelah tubuh tidak mampu mengendalikan gula darah.

Jika kadar gula darah melebihi kebutuhan gula harian, gula tersebut akan keluar bersama urine. Kondisi ini lama-kelamaan akan membuat Anda jadi sering buang air kecil dan tubuh menjadi dehidrasi.

Baca Juga: Larangan Makanan Kolesterol Ini, Ada 10 Pantangan yang Harus Dihindari

4. Mulut kering

Tanda tubuh penuh gula yang keempat yaitu mulut kering.

Kondisi mulut kering atau dikenal xerostomia biasanya merupakan tanda kadar gula darah tinggi dalam tubuh.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kelenjar ludah terganggu, sehingga tidak memproduksi air liur secara normal. Biasanya, gejala lain yang menyertai kondisi ini adalah nyeri pada gusi dan gigi.  

5. Selalu merasa lapar padahal sudah makan banyak

Tanda tubuh penuh gula yang terakhir yaitu selalu merasa lapar padahal sudah makan banyak.

Sering merasa lapar padahal sudah makan banyak? Hati-hati Moms, karena bisa jadi tubuh Anda dipenuhi gula.

Meskipun Anda sudah makan dalam porsi besar, kadar gula darah yang berlebih tetap tidak dapat diolah menjadi energi. Dengan begitu, sel-sel tubuh tidak akan mendapatkan makanan sehingga Anda menjadi lebih sering merasa lapar dengan nafsu makan yang meningkat.

Demikian 5 tanda tubuh penuh gula yang patut Anda waspadai. Jika Anda mengalami hal-hal di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk memeriksakan gula darah Anda dan mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, segera ubah gaya hidup Anda dengan rajin berolahraga dan batasi asupan gula sebagai salah satu upaya atau cara menurunkan gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News