Bugar

12 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Salah Satunya Jadi Gampang Marah!

12 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Salah Satunya Jadi Gampang Marah!

MOMSMONEY.ID - Konsumsi gula yang berlebihan sering kali tidak disadari karena gula tersembunyi dalam banyak makanan dan minuman sehari-hari. Terlalu banyak berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.  Apa saja sih tanda tubuh kelebihan gula sebenarnya?

Melansir dari Everyday Health, berikut adalah 12 tanda tubuh kelebihan gula yang perlu Anda waspadai:

1. Sering Lapar dan Berat Badan Naik

Keri Stoner-Davis, RDN dari Lemond Nutrition, menekankan bahwa gula tidak mengenyangkan, sehingga menyebabkan peningkatan rasa lapar.

Jessica Cording, seorang ahli diet, menambahkan bahwa tanpa kandungan protein, serat, dan lemak sehat, tubuh membakar gula dengan cepat. Hal ini memicu ngemil yang tidak terkendali yang bisa berujung pada kenaikan berat badan.

Baca Juga: Manfaat Beras Merah untuk Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah lo

2. Gampang Marah

Studi menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi bisa meningkatkan peradangan, memperburuk mood, dan memicu gejala depresi. Cording menjelaskan, gula dapat membuat Anda merasa lesu dan mudah tersinggung.

3. Gampang Lelah

Gula dicerna dengan cepat, sehingga menyebabkan rasa lelah. Fluktuasi besar dalam gula darah dan insulin juga mempengaruhi tingkat energi tubuh Anda, menurut Dr. Li.

Baca Juga: 6 Minuman Penghancur Lemak Tubuh yang Cocok untuk Diet, Cek di Sini!

4. Makanan Tidak Terasa Cukup Manis

Menurut Cording, kebiasaan mengonsumsi gula tinggi bisa membuat otak terbiasa dengan tingkat kemanisan yang tinggi. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda merasa makanan kurang manis terus-menerus padahal sebenarnya sudah manis.

5. Ingin Makan Manis Terus

Jika Anda sering mendapati diri Anda terus-menerus mengidam permen, kemungkinan Anda sedang merasakan efek dari gula yang menstimulasi pusat kesenangan otak.

Gula memicu peningkatan dopamine yang membuat Anda ingin terus mengonsumsi lebih banyak gula dan terjebak dalam siklus keinginan yang tidak berkesudahan.

Baca Juga: 5 Makanan Pembakar Lemak Paling Ampuh Turunkan Berat Badan, Wajib Coba!

6. Memicu Tekanan Darah Tinggi

Adapun konsumsi gula yang berlebihan dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi. Dr. Li menekankan bahwa meskipun belum ada bukti langsung, gula tinggi dapat merusak pembuluh darah, yang pada gilirannya bisa meningkatkan tekanan darah.

7. Penyebab Jerawat dan Keriput

Terlalu banyak gula juga dapat memperparah kondisi kulit seperti jerawat dan keriput, menurut American Academy of Dermatology. Hal ini karena gula mempengaruhi resistensi insulin dan proses penuaan kulit.

8. Nyeri Sendi

Nyeri sendi juga bisa merupakan tanda dari konsumsi gula yang berlebih. Survei menunjukkan bahwa seseorang dengan rheumatoid arthritis sering merasakan peningkatan gejala setelah mengonsumsi soda dan makanan manis.

Cording menambahkan bahwa peradangan sistemik yang diakibatkan oleh gula berlebih bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Baca Juga: 6 Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes biar Tidak Lemas

9. Kualitas Tidur yang Buruk

Kualitas tidur yang buruk juga bisa dikaitkan dengan asupan gula yang tinggi. Siklus tidur yang terganggu dan masalah tidur lainnya sering terjadi pada mereka yang mengonsumsi gula berlebih, kata Cording. Hal ini terkait dengan kontrol glikemik yang buruk, yang bisa mengacaukan pola tidur Anda.

10. Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan sering kali berkaitan dengan konsumsi gula yang tinggi, yang dapat mengiritasi usus dan memperburuk kondisi pencernaan tertentu, menurut Stoner-Davis.

11. Kabut Otak

Asupan gula yang berlebihan bisa mempengaruhi fungsi kognitif, mempengaruhi kesehatan mental, fokus, dan memori.

Baca Juga: 5 Resep Salad Sayur untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat, Coba yuk!

12. Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi adalah tanda klasik dari konsumsi gula yang berlebih. Bakteri di mulut kita senang memakan gula sederhana.

Stoner-Davis menyarankan untuk berkumur dengan air setelah mengonsumsi makanan manis atau menggabungkannya dengan makanan yang melindungi gigi seperti wortel atau susu untuk membatasi kerusakan.

Nah, demikianlah tanda tubuh kelebihan gula yang perlu Anda waspadai. Mulai sekarang batasi konsumsi gula demi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News