Bugar

6 Minuman Sehat Terbaik untuk Menambah Energi

6 Minuman Sehat Terbaik untuk Menambah Energi

MOMSMONEY.ID - Sehat dan patut dicoba, berikut adalah minuman sehat terbaik untuk menambah energi Anda.

Selain makanan, minuman juga dapat menjadi sumber energi yang efektif dan cepat. Memilih minuman yang tepat tidak hanya membantu Anda merasa lebih segar, tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Melansir dari Eating Well, di bawah ini adalah beberapa pilihan minuman sehat terbaik untuk menambah energi Anda:

1. Air

Ketika merasa lelah, sebenarnya Anda mungkin hanya kekurangan air. Dehidrasi dapat memengaruhi otot dan otak, sehingga menyebabkan kelesuan atau kebingungan.

Setiap sel dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik, dan tanpa cukup air, sel-sel tersebut tidak dapat bekerja secara optimal.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa dehidrasi menyebabkan penurunan energi, suasana hati yang buruk, serta masalah dengan memori dan fokus. Wanita disarankan minum 91 ons air per hari, sedangkan pria 125 ons.

Baca Juga: 9 Pilihan Daun untuk Mengobati Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

2. Kopi

Kopi tentu saja menjadi minuman yang diandalkan untuk menambah energi. Kafein dalam kopi bekerja dengan menghalangi adenosin, zat kimia yang membuat Anda mengantuk, sehingga Anda merasa lebih terjaga.

Selain itu, kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan mendukung kesehatan otak.

Namun, pastikan untuk tidak menggantikan sarapan dengan kopi. Ini karena makanan pagi memberikan energi yang lebih stabil sepanjang hari.

Juga, perhatikan jumlah gula dalam kopi Anda. Gula dapat memberi dorongan energi sementara, tetapi diikuti dengan penurunan yang tajam.

3. Smoothie

Smoothie dapat menjadi sumber energi yang lengkap karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak—semua makronutrien yang diperlukan tubuh untuk mendapatkan energi.

Smoothie juga membantu hidrasi. Namun, pastikan smoothie Anda tidak mengandung gula tambahan. Sebaiknya gunakan sumber protein seperti yogurt atau bubuk protein, lemak sehat seperti selai kacang atau alpukat, dan karbohidrat kaya serat dari buah dan sayuran.

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Intip Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Berikut Ini yuk

4. Teh matcha

Jika stres membuat Anda cepat lelah, coba minum teh matcha. Matcha mengandung katekin yang melindungi otak dari kerusakan, theanine yang meningkatkan konsentrasi, dan sedikit kafein untuk tambahan energi.

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi matcha memiliki fungsi kognitif yang lebih baik selama kondisi stres. Jika Anda membeli matcha dari kedai kopi, perhatikan tambahan gula, atau lebih baik buat sendiri di rumah.

5. Jus buah dan sayuran segar

Menambahkan porsi buah dan sayuran ke dalam diet Anda dapat meningkatkan energi. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menambahkan dua porsi ekstra buah dan sayuran merasa lebih energik.

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam buah dan sayuran membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mengubah mikrobioma usus, yang berdampak positif pada kesehatan Anda.

Baca Juga: Layak Dicoba! Ini 6 Minuman untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh

6. Jus bit

Jus bit mengandung nitrat yang diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh, yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otot dan otak.

Hal ini membuat Anda merasa lebih bertenaga dan dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa terlalu lelah. Penelitian menunjukkan bahwa jus bit dapat mengurangi kelelahan selama latihan intens dan meningkatkan kinerja fisik.

Itulah beberapa minuman sehat terbaik untuk menambah energi yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News