Bugar

Minuman Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Cek Ada Apa Saja

Minuman Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Cek Ada Apa Saja

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan ginjal adalah kunci untuk memastikan seluruh tubuh bekerja optimal. Ginjal berperan vital dalam tubuh kita. Memilih minuman yang tepat bisa sangat mendukung fungsi ginjal yang sehat. Ada beberapa pilihan minuman terbaik untuk kesehatan ginjal Anda.

Melansir dari laman GoodRx Health, berikut adalah beberapa minuman terbaik untuk kesehatan ginjal yang dapat Anda coba:

1. Air Putih

Air adalah pilihan terbaik untuk menjaga ginjal Anda tetap sehat. Ginjal memerlukan air yang cukup untuk membantu menyaring limbah dan racun dari darah melalui urin.

Setiap orang mungkin membutuhkan jumlah air yang berbeda. Namun pada umumnya, pria disarankan untuk minum sekitar 3.7 liter atau kira-kira 15 gelas sehari. Sementara itu, wanita sekitar 2.7 liter atau 11 gelas sehari.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Risiko Sedot Lemak, Salah Satunya Bisa Sebabkan Kematian

2. Jus Cranberry

Dikenal kaya akan antioksidan, jus cranberry dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi saluran kemih dengan menghambat bakteri agar tidak menempel pada dinding saluran kemih.

Hal ini juga berlaku untuk mencegah pielonefritis, yaitu infeksi yang dapat menyebar ke ginjal. Pilihlah jus cranberry tanpa pemanis atau yang rendah gula untuk menghindari peningkatan tekanan darah dan gula darah yang bisa merugikan ginjal.

3. Jus Wortel

Jus wortel memiliki khasiat antioksidan. Meski belum ada penelitian komprehensif pada manusia tentang pengaruhnya terhadap ginjal, studi pada tikus menunjukkan bahwa jus wortel dapat melindungi ginjal dari kerusakan akibat toksin tertentu.

Baca Juga: Inilah 12 Makanan Terbaik untuk Membersihkan Usus Anda, Jangan Dilewatkan

4. Jus Apel dan Jeruk

Apel dan jeruk mengandung sitrat yang dapat mengurangi risiko batu ginjal kalsium oksalat. Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan, terutama untuk jus apel, karena penelitian yang ada masih terbatas.

5. Jus Lemon

Jus lemon tinggi sitrat dan dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa jus lemon efektif dalam mencegah batu ginjal pada individu yang sebelumnya mengalami kondisi ini.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Konsumsi yuk!

Itulah beberapa minuman terbaik untuk kesehatan ginjal Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Apakah Ganjil Genap Jakarta Petang-Malam Hari Ini Berlaku? Cek Lagi Aturannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News