Bugar

Inilah 12 Makanan Terbaik untuk Membersihkan Usus Anda, Jangan Dilewatkan

Inilah 12 Makanan Terbaik untuk Membersihkan Usus Anda, Jangan Dilewatkan

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan usus adalah kunci untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan. Salah satu cara untuk memelihara kesehatannya adalah dengan konsumsi makanan terbaik untuk membersihkan usus. Apa saja rekomendasinya?

Merangkum dari laman Klik Dokter dan Hello Sehat, inilah beberapa makanan terbaik untuk membersihkan usus Anda:

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat, kalsium, dan vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan serta mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Biar Tidak Keliru, Yuk Ikuti Step Skincare Pagi yang Benar Berikut Ini

2. Apel

Apel dikenal dengan sifat antiinflamasi dan kandungan seratnya yang tinggi, terutama jika dikonsumsi dengan kulitnya yang kaya akan pektin dan antioksidan. Konsumsi apel dapat mendukung proses pembersihan usus.

3. Yogurt

Yoghurt adalah makanan fermentasi yang kaya probiotik. Probiotik dalam yoghurt membantu menurunkan tingkat keasaman di usus besar, mempercepat pergerakan feses, dan mendukung proses pembersihan usus. Makanan fermentasi lain seperti kimchi, tape, dan tempe juga kaya akan probiotik.

Baca Juga: 7 Pilihan Jus yang Bagus untuk Asam Lambung, Coba Konsumsi yuk!

4. Ikan Salmon

Omega-3 dalam ikan salmon diketahui dapat mengurangi peradangan di usus besar dan meningkatkan kesehatan usus. Penelitian menunjukkan bahwa asupan ikan berlemak seperti salmon dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

5. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga mendukung kesehatan usus dengan menetralkan dan membuang racun.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Konsumsi yuk!

6. Alpukat

Buah alpukat juga mengandung omega-3. Kandungan ini membantu mencegah akumulasi racun di dinding usus.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, dan kubis kaya akan serat. Serat ini membersihkan usus dari racun dan residu yang menempel pada dinding usus.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung mineral dan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari racun.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 10 Kebiasaan yang Merusak Ginjal

8. Protein Nabati

Mengurangi asupan daging merah dan menggantinya dengan sumber protein nabati seperti kedelai dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan berat badan dan secara signifikan mengurangi risiko kanker usus besar.

9. Psyllium Husk

Psyllium husk adalah tanaman herbal dari India yang dikenal kaya serat. Sering digunakan sebagai bahan dalam obat pencahar, psyllium husk juga berpotensi menurunkan kadar kolesterol.

Cara mengonsumsinya adalah dengan menuangkan air panas ke atas psyllium husk, menambahkan sedikit garam, dan mengonsumsinya setelah beberapa saat.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 8 Cara Menetralkan Asam Lambung Naik

10. Chia Seed

Chia seed adalah biji yang populer dalam diet sehat karena kandungan seratnya yang tinggi, yaitu 9,8 gram per 100 gram.

Chia seed memiliki rasa yang cenderung hambar dan biasanya direndam dalam susu atau air sebelum dikonsumsi. Biji ini juga bisa ditaburkan ke dalam yogurt atau oatmeal untuk menambah tekstur dan nilai gizi.

11. Cabai Cayenne

Cabai cayenne adalah bagian dari keluarga yang sama dengan tomat, terong, dan kentang. Cabai ini tidak hanya memberi rasa pedas pada makanan, tetapi juga mendukung kesehatan pencernaan dengan memperlancar pergerakan usus.

Baca Juga: Kasusnya Terus Meningkat, Begini Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Anda Tahu

12. Pisang Hijau

Pisang hijau mengandung pati resisten, yang mirip dengan serat dan tidak dicerna oleh enzim pencernaan. Ini membantu membersihkan usus besar dan meningkatkan kesehatan mikrobiota usus. Pati resisten juga ditemukan dalam kentang, nasi, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Itulah beberapa pilihan makanan terbaik untuk membersihkan usus Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News