Bugar

10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Konsumsi yuk!

10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Konsumsi yuk!

MOMSMONEY.ID - Apa saja sih makanan terbaik untuk kesehatan ginjal kita? Mari intip daftarnya berikut ini.

Ginjal merupakan organ vital yang berfungsi sebagai penyaring racun dan pengelola keseimbangan cairan dalam tubuh.

Makanan yang kita konsumsi secara langsung mempengaruhi kesehatan ginjal. Namun, apa saja sih makanan terbaik untuk kesehatan ginjal?

Merangkum dari laman Medical News Today dan Hello Sehat, di bawah ini adalah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan ginjal Anda:

1. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, tuna, dan ikan berlemak lain yang kaya asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan. Tubuh tidak dapat memproduksi omega-3 sendiri, sehingga perlu diperoleh dari beberapa makanan.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, omega-3 bisa menurunkan tekanan darah. Ini berguna karena tekanan darah tinggi adalah faktor risiko untuk penyakit ginjal.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 10 Kebiasaan yang Merusak Ginjal

2. Ubi jalar

Ubi jalar adalah alternatif dari kentang yang lebih kaya serat dan membantu memperlambat pencernaan dan mengurangi lonjakan gula darah.

Ubi jalar juga kaya akan kalium, yang penting untuk menyeimbangkan natrium dalam tubuh dan mengurangi beban pada ginjal.

Namun, bagi penderita PGK atau yang sedang menjalani dialisis, mungkin perlu membatasi konsumsi ubi jalar untuk mengontrol asupan kalium mereka.

3. Kembang kol

Kembang kol menyediakan vitamin C, K, dan B9 (folat) yang sangat baik untuk ginjal. Karena kaya nutrisi, sayuran ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal dan sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah ginjal.

Baca Juga: Inilah Penyebab Mendengkur Saat Tidur yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

4. Blueberry

Blueberry merupakan buah dengan kandungan antioksidan tinggi, termasuk anthocyanin yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Karena rendah sodium, fosfor, dan kalium, blueberry baik untuk ginjal dan dapat membantu dalam perawatan infeksi saluran kemih.

5. Anggur merah

Anggur merah kaya akan vitamin C dan flavonoid, yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi organ vital seperti ginjal. Kandungan resveratrol di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan melindungi dari diabetes.

Baca Juga: Kasusnya Terus Meningkat, Begini Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Anda Tahu

6. Minyak zaitun

Sebagai sumber lemak jenuh sehat dan bebas fosfor, minyak zaitun adalah pilihan makanan yang baik untuk ginjal. Asam oleat di dalamnya memiliki sifat antiradang dan stabil pada suhu tinggi, sehingga membuatnya ideal untuk memasak sehat.

7. Nanas

Nanas adalah buah rendah kalium yang aman untuk ginjal. Kaya akan serat, vitamin C, mangan, dan enzim bromelain, nanas membantu mengurangi peradangan dan memiliki potensi antikanker.

Baca Juga: Begini Cara Mengurangi Gula Darah Secara Alami, Ada 14 Cara yang Efektif

8. Cranberry

Cranberry membantu mencegah infeksi saluran kemih dengan mencegah bakteri menempel pada lapisan saluran tersebut. Rendah kalium, fosfor, dan natrium, ini membuatnya ideal untuk kesehatan ginjal.

9. Lobak

Sebagai alternatif rendah kalium, lobak kaya serat dan vitamin C. Anda dapat memanggang atau merebus lobak untuk dikonsumsi dalam upaya menjaga kesehatan ginjal.

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Minuman Soda untuk Kesehatan Tubuh Anda, Bisa Sebabkan Ini

10. Bawang putih

Bawang putih mengandung vitamin C, B6, mangan, dan senyawa belerang yang berperan sebagai antiradang. Khasiatnya dalam menjaga kesehatan ginjal membuatnya berguna, terutama untuk pasien gagal ginjal kronis.

Nah, demikianlah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan ginjal yang dapat Anda konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News